Hilang Setengah, Wajah Pria Ini Diprint 3D
Sumber: telegraph.co.uk

Nasional / 9 April 2013

Kalangan Sendiri

Hilang Setengah, Wajah Pria Ini Diprint 3D

Lois Official Writer
3996

Saat Eric Moger yang merupakan manager sebuah restoran melamar pacarnya di makan malam Natal, kurang dari setahun dia tidak menyangka harus mengubah wajahnya. Dokter menemukan ada tumor ganas sebesar bola tennis tumbuh di bawah kulit wajahnya.

Sejak dioperasi, Moger hampir kehilangan seluruh bagian kiri wajahnya, termasuk mata, tulang pipi, dan hampir seluruh dagunya, meninggalkan lubang dalam di wajahnya. Namun, sekarang, empat tahun kemudian, dia punya wajah baru yang membuat orang melihat dengan aneh ke arahnya.

Namun, seiring perkembangan teknologi, dia pun mendapatkan wajah baru yang menggunakan teknologi tiga dimensi untuk menciptakan wajah prostetik bagi pria berumur 60 tahun ini, prosedur pertama dalam sejarahnya di UK. Melalui scanning tulang tengkoraknya yang masih tersisa, komputer menciptakan kembali seperti apa wajahnya kemudian, mereka menggunakan tipe printer baru yang dibangun dari beberapa layer nilon plastik untuk menghasilkan komponen yang diperlukan.

“Saya kagum bagaimana cara kerjanya,” ujar Moger, yang tinggal di Waltham Abbey, Essex. “Ketika saya memegangnya, hal itu terasa seperti melihat diri saya sendiri berada di tangan saya. Ketika saya menaruhnya pertama kali di wajah saya, saya tidak dapat percaya bagaimana bagusnya benda itu kelihatan.” kata bapak dua anak ini. Bahan yang dipakai tidak membuat air bocor saat Moger minum dan dapat tampak seperti asli.

Suatu kemajuan teknologi yang luar biasa, meskipun belum dapat dipastikan apakah punya efek samping. Namun, kemajuan untuk perkembangan manusia yang selalu mengarah hal baik ini perlu dipertahankan.

 

Baca juga :

Mari Jadi Dampak Buat Indonesia Melalui Media

Bagaimana Kita Bisa Jadi Batu Karang yang Teguh?

Tips Agar Kakak Tidak Cemburu Pada (Calon) Adik

Wajah Menarik Tanpa Make Up dengan Make Up Ala Korea

Resep Bubur Kacang Ijo yang Uenak Banget

Sumber : telegraph.co.uk by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami