Obama Dukung Negara Palestina Merdeka

Obama Dukung Negara Palestina Merdeka

daniel.tanamal Official Writer
1802

Dalam kunjungannya ke Ramallah, Tepi Barat, Kamis (21/3) lalu, Presiden Amerika Serikat, Barack Obama membuat pernyataan yang mengejutkan dengan mendukung terbentuknya sebuah negara Palestina merdeka.

Dalam sebuah jumpa pers bersama Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Obama mengatakan bahwa negaranya berkomitmen terhadap berdirinya negara Palestina. "Rakyat Palestina layak mendapatkan negaranya sendiri. Amerika Serikat sangat berkomitmen untuk melihat sebuah negara Palestina yang independen dan berdaulat."

Selian itu Obama mengecam keputusan Israel yang tidak menghentikan pembangunan permukiman Yahudi di Jerusalem Timur dan Tepi Barat. Menurutnya hal tersebut tidak menolong upaya mencapai perdamaian antara Israel dan Palestina. "Kami menilai, melanjutkan pembangunan permukiman Yahudi merupakan langkah konstruktif. Langkah itu tidak mempercepat upaya menciptakan perdamaian," katanya.

Abbas sendiri menyampaikan kepada Obama bahwa Palestina tidak bisa membicarakan masalah perbatasan dan masa depan negara ini selama Israel menciptakan sendiri garis perbatasannya dengan terus membangun permukiman Yahudi. 

Obama sendiri mengunjungi Ramallah dengan menumpang sebuah helikopter yang melintasi kawat berduri dan tembok pemisah wilayah Palestina dan Israel. Berbeda seperti sambutannya di Israel, Obama mendapat sambutan yang kurang hangat dari para pemimpin Palestina.

 

Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami