Orang-Orang Ini Sarankan SBY Turun Takhta

Nasional / 25 March 2013

Kalangan Sendiri

Orang-Orang Ini Sarankan SBY Turun Takhta

Lois Official Writer
2964

 

Isu kudeta untuk menurunkan Susilo Bambang Yudhoyono tersebar. Kabarnya, hari ini, 25 Maret 2013, para aktivis mengklaim akan menggelar demo besar-besaran untuk menurunkan SBY dari jabatannya sebagai Presiden RI. Sejumlah pihak menilai SBY layak dilengserkan dan menyarankan untuk mundur saja karena tidak membawa kemajuan di negeri ini. Lantas siapa saja mereka?

Mantan Menko Rizal Ramli

“Lebih baik mundur saja sebelum dimundurkan paksa. Masyarakat sipil bersiap-siap untuk perubahan. Menjelaskan persiapan itu dilakukan sejak 3-4 bulanan lalu. Mereka bukan kekuatan bersenjata tetapi rakyat yang bosan dengan negara korup,” ujar Rizal usai menghadiri acara di Gedung Joeang, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (21/3).

Tokoh Senior Adnan Buyung Nasution

Tokoh yang satu ini meminta agar SBY turun dari jabatannya. “Untuk itu Pemilu harus dipercepat. Dari zaman Yunani suara rakyat adalah suara Tuhan,” ujarnya di Gedung Joeang, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (21/3).Dia yakin bahwa apabila rakyat bersatu, perubahan itu pasti akan datang. “Saya yakin presiden baru akan lebih dipercaya,” ujarnya lagi.

Aktivis Ratna Sarumpaet

Aktivis Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MKRI) Ratna Sarumpaet mengatakan bahwa apa yang dilakukannya pada tanggal 25 Maret ini bukanlah bentuk pelanggaran konstitusi namun merupakan kehendak rakyat Indonesia yang menginginkan SBY mundur dari jabatannya. “Apakah jika rakyat menginginkan SBY turun itu sebuah bentuk pelanggaran hukum? Demo menuntut presiden mundur itu tidak melanggar konstitusi. Justru yang dilakukan pemerintah dengan membuat ratusan undang-undang yang berkiblat pada asing adalah sebuah bentuk pelanggaran konstitusi,” ujar Ratna yang juga merupakan seniman ini.

Mantan Jubir Gus Dur, Adhie Massardi

Adhie pun mengemukakan pernyataan serupa, yaitu agar SBY turun. Hal ini karena kinerja pemerintah berantakan. “Manajemen pemerintah sudah berantakan, SBY sibuk mengurusi partai, begitu pula dengan menteri-menterinya, yang kebanyakan dari Partai Demokrat,” ujar Adhie dalam diskusi bertajuk “Menakar Kinerja Menteri di Tahun Politik” di Jakarta, Jumat (22/3) lalu. “Rezim ini sudah jelas, ganti menteri juga percuma, rezim harus diganti sebelum Pemilu,” tuturnya.

Politikus Effendy Choirie alias Gus Choi

Politikus yang dipecat dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengatakan akan ada lima tuntutan yang akan dilayangkan dengan nama Panca Tuntutan Rakyat (Pantura) yaitu nasionalisasi tambang migas, turunkan harga, hentikan liberalisasi impor, selesaikan kasus korupsi yang melibatkan istana, dan hentikan konflik SARA, adili pelanggaran HAM. “Tidak ada kepentingan pribadi, semua untuk rakyat dan mendorong kedaulatan rakyat Indonesia,” katanya lagi.

Isu yang berhembus ini tentu meresahkan rakyat lain yang tidak ikut. Masih ingat jelas saat kerusuhan akibat pelengseran Soeharto terjadi pada 1998 lalu, korban tak berdosa kehilangan nyawanya. Bagaimanapun caranya, kita ciptakan suasana tetap kondusif dan nyaman buat semua orang.

 

 

Baca juga :

Pemerintah SBY Abaikan Kasus-Kasus Intoleren

Ada Isu SBY Akan Dikudeta 25 Maret 2013

Mari Jadi Dampak Buat Indonesia Melalui Media

Bagaimana Kita Bisa Jadi Batu Karang yang Teguh?

Faktor Penentu Anak Bisa Tampil PD

Tips Mudah Cara Benar Pakai Parfum

Mengenal Makanan Indonesia : Cakwe

Haii, JCers yang Gabung di Bulan Maret 2013!!

Sumber : merdeka by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami