Paus Fransiskus Pimpin Misa Kamis Putih di Lembaga Pemasyarakatan

Paus Fransiskus Pimpin Misa Kamis Putih di Lembaga Pemasyarakatan

Budhi Marpaung Official Writer
2811

Tidak seperti yang sudah-sudah, pada misa Kamis Putih pekan depan (28/3) Paus Fransiskus akan memimpin kegiatan ibadah tersebut di lembaga pemasyarakatan remaja Casal del Marmo di pinggiran kota Roma.

Menurut keterangan Juru bicara Vatikan, pada misa nanti Paus akan membasuh dan mencium kaki 12 orang umat untuk mengenang sikap rendah hati Yesus terhadap para Rasul pada malam menjelang wafat Yesus.  

Lebih lanjut dikatakan Jubir Vatikan bahwa sepanjang ingatannya, belum pernah ada Bapa Suci yang melakukan Misa Kamis Putih di luar Vatikan atau di Basilika Santo Yohanes di Lateran.

Namun jika melihat rekam jejak sebelum menjadi Paus, mantan Kardinal Jorge Mario Bergoglio itu diketahui memang kerap mengadakan misa Kamis Putih di penjara, rumah sakit, panti jompo atau bersama kaum papa.

Keputusan menggelar misa di penjara remaja justru semakin menunjukkan kerinduan Paus Fransiskus untuk lebih dekat dengan orang miskin, lemah, dan terpinggirkan.

Mengubah sebuah tradisi yang sudah berakar kuat memang terkadang terlihat aneh bagi sebagian orang, tetapi jika kita merasa bahwa inilah yang seharusnya dilakukan maka kerjakanlah tanpa ragu.  

 

Baca juga :

KWI : Kami Bersukacita Atas Terpilihnya Paus Fransiskus

Yohanna Nainggolan : Terjebak Kekuatan Sendiri

Justin Bieber : Saya Tidak Mau Kumpul Kebo

Disaksikan Jemaat, Pemkab Bekasi Bongkar Gereja HKBP Setu

Satpol PP Akhirnya Segel Gereja HKBP Setu

Cry of the Broken

Sumber : berbagai sumber / budhianto marpaung

Ikuti Kami