5 Peran Internet dalam Menghemat Pengeluaran

Entrepreneurship / 22 March 2013

Kalangan Sendiri

5 Peran Internet dalam Menghemat Pengeluaran

Yenny Kartika Official Writer
5164

Terdapat perbedaan mendasar antara masa sebelum internet berjaya dengan masa sekarang. Lebih dari  satu dekade yang lalu, tampaknya kampus masih memiliki satu komputer saja, dan seluruh pengunjung perpustakaan bisa mendengar bunyi saat modem dial-up yang terhubung ke web. Sekarang, kita bisa saja terjebak di tengah-tengah penonton pertandingan sepak bola di stadion, namun tetap terhubung ke reuni teman-teman SMA melalui video call di perangkat mobile.

Ya, internet telah membentuk kebiasaan-kebiasaan baru di masyarakat. Selama kebiasaan tersebut membawa dampak positif, ada baiknya internet dimanfaatkan untuk berbagai aspek, termasuk aspek keuangan.

Berikut ini lima (5) fungsi atau peran internet yang dapat menghemat pengeluaran Anda:

 

#1 Perbandingan Harga

Salah satu trik penghematan yang cukup ampuh adalah membandingkan harga barang/jasa antar produsen/toko. Kita dapat membandingkan setiap toko tanpa meninggalkan rumah—dengan demikian kita sudah menghemat biaya bahan bakar. Internet memungkinkan kita untuk membandingkan produk-produk mulai dari makanan sampai tiket pesawat. Asuransi, terutama asuransi jiwa, merupakan produk yang sangat cocok untuk dibanding-bandingkan di internet.

 

#2 Riset Konsumen

Sebelum Anda mengeluarkan uang untuk beli tiket ke bioskop, cek dahulu komentar penonton atau review seputar film yang sedang tayang. Lakukan hal yang sama untuk pertimbangan sebelum memilih asuransi, kendaraan, perabot elektronik, dan lain-lain.

 

#3 Informasi

Internet adalah sumber informasi yang tidak terbatas. Kita tak lagi selalu membeli surat kabar dengan adanya e-paper atau situs portal berita yang diperbaharui (update) selama 24 jam. Bahkan, kupon voucher dapat dicetak via online. Namun, perhatikan juga bahwa banyak informasi di internet yang mengandung tipuan, kekeliruan, dan penyalahgunaan.

 

#4 Biaya komunikasi

Generasi masa kini berkomunikasi lebih sering dan lebih cepat daripada generasi silam. Alih-alih menempelkan perangko di depan sampul amplop, kita bisa terhubung dari Jakarta ke California dengan layanan surel (email), telepon via internet, dan chatting. Jika dulu Anda harus mengumpulkan uang untuk biaya menelepon seminggu sekali, kini komunikasi jarak jauh sehari 3x tidaklah menjadi masalah.

 

#5 Perbankan Online

Mengecek saldo, catatan transaksi, dan sejarah pembelanjaan menjadi aktivitas yang terasa berbeda dengan adanya internet. Anda dapat membayar tagihan secara online melalui ujung jari.

 

 

Baca juga artikel lainnya:

5 Pengeluaran Terkait Pekerjaan

Tuntutan Hidup Hemat Ala Pemimpin Cina

Ide Daur Ulang Agar Dompet Tetap Tebal

Ingin Dunia Sains Maju di Indonesia, Yohanes Surya Dirikan Universitas

Jatuh Bangun dalam Bisnis, namun Bebas dari Hutang!

Sumber : Gather Little by Little | yk
Halaman :
1

Ikuti Kami