Lubang Misterius Akibat Amblasnya Tanah ke Dalam Bumi

Nasional / 21 March 2013

Kalangan Sendiri

Lubang Misterius Akibat Amblasnya Tanah ke Dalam Bumi

Lois Official Writer
5759

Sinkhole terjadi akibat tanah runtuh ke dalam bumi dalam sekejab sehingga membentuk lubang ini sangat mengerikan karena bisa terjadi tiba-tiba tanpa ada tanda terlebih dahulu. Beberapa kasus penyebab sinkhole karena air tanah yang mengisi saluran gua-gua bawah tanah menjadi kering lantaran manusia mengalirkan aliran itu untuk pertambangan, air minum, atau irigasi. Berikut ini beberapa sinkhole di berbagai lokasi :

Kota Guatemala City, Guatemala

Pada 30 Mei 2010, tiba-tiba tanah ambles dan membuat lubang selebar 18,2 meter dengan kedalaman 91,4 meter di ibukota Guatemala City, Guatemala. Sinkhole ini bahkan menelan sebuah gedung di atasnya. Belum ada penyebab pasti atas fenomena ini, namun para ahli menyimpulkan ada erosi tanah kering sebab kurang air sehingga tanah menjadi gembur dan menyebabkan lubang.

Negara Bagian Louisiana, Amerika Serikat

Sinkhole sedalam 128,6 meter ini sungguh mengerikan saat terjadi di wilayah pertambangan gas di Bayour Corne, Negara Bagian Louisiana, Amerika Serikat pada 3 Agustus 2010. Hal ini terjadi karena kadar garam dalam tanah yang disebabkan oleh penambangan. Lubang ini menelan ratusan pohon pinus. Parahnya, ambruknya tanah itu berada di dekat 63 juta galon berisi gas buatan sehingga tempat itu mirip kompor raksasa.

Kota Schmalkalden, Jerman

Wolfgang Peter terbangun jam tiga pagi pada 1 November 2010 karena mendengar suara gaduh yang dipikirnya iring-iringan truk bermuatan kerikil. Saat dia keluar, yang dia dapati setengah garasinya ambles ke bumi selebar 39,6 meter dengan kedalaman 19,8 meter. Tidak ada korban jiwa pada peristiwa ini.

Kota Guilin, China

Seorang lelaki tengah berkendara ketika mendapati mobilnya seolah menjadi tinggi yang kemudian secara mendadak ambruk pada 7 Juni 2012. Dia dan kendaraannya tertelan sinkhole namun bisa terselamatkan meskipun luka parah.

Changsa, China

Pada tahun yang sama, lubang misterius ini juga menelan mobil. Kali ini mobil mewah dengan tiga penumpangnya. Lebar lubang itu sekitar 30 meter dengan kedalaman yang belum dihitung. Menurut salah seorang warga, lubang itu sangat dalam karena dia tidak bisa melihat dasarnya dengan mata telanjang.

Negara Bagian Florida, Amerika Serikat

Pada 28 Februari 2013 lalu, Jeff Bush tertelan sinkhole yang muncul di ruang tidurnya. Mendengar suara gaduh, kakak Jeff bernama Jeremy berlari menuju kamar adiknya dan menemukan lubang selebar enam meter namun Jeff tidak ada di sana. Sampai saat ini, Jeff belum bisa ditemukan. Kota Tampa tempat mereka tinggal memang terkenal area sinkhole. Lebih dari 500 kali lubang misterius muncul sejak 1954 dan menjadi wilayah pertama yang menerbitkan asuransi bagi pemilik rumah yang tenggelam akibat sinkhole.

Memang kita tidak bisa menghindari bencana alam, namun kita harus waspada pada tempat-tempat sering terjadinya sinkhole. Jangan sampai, alam mengamuk karena perbuatan kita, manusia yang seharusnya menjaga alam ini.

 

Baca juga :

Fenomena Alam Aneh, Badai Salju Hantam Sumatera Barat

Misteri Candi di Bawah Laut

Mari Jadi Dampak Buat Indonesia Melalui Media

Tuhan Ingin Anda Bahagia

Faktor Penentu Anak Bisa Tampil PD

Tips Mudah Cara Benar Pakai Parfum

Mengenal Makanan Indonesia : Cakwe

Haii, JCers yang Gabung di Bulan Maret 2013!!

Sumber : merdeka by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami