Kehadiran Mugabe

Internasional / 20 March 2013

Kalangan Sendiri

Kehadiran Mugabe "Si Pendosa" di Vatikan Dikecam

Puji Astuti Official Writer
3447

Robert Mugabe, presiden kontroversial Zimbabwe yang dikenal dunia karena kejahatan perang hadir di Vatikan untuk pelantikan Paus Fransiskus yang dikenal welas asih dan sederhana. Memang pemandangan ini sangat kontras.

Mugabe, pria berusia 89 tahun ini sebenarnya telah dilarang melakukan perjalanan ke daerah Uni Eropa. Namun pada tanggal 18 Maret 2013 lalu, Mugabe seorang penganut Katolik yang dipandang oleh para pemimpin dunia sebagai "pendosa" karena pelanggaran hak asasi manusia dan penyalahgunaan kekuasaan telah menginjakkan kaki di Italia yang kemudian melanjutkan perjalaan ke Vatikan untuk upacara pelantikan Paus Fransiskus pada Selasa, 19 Maret 2013 lalu.

Lolosnya ijin Mugabe dan rombongan menurut Menteri Luar Negeri Italia karena "Kehadirannya di Italia untuk keperluan keagamaan."

Mugabe datang ke Vatikan bersama istrinya Grace dan beberapa petinggi Zimbabwe, ini bukanlah pertama kalinya ia datang ke Vatikan, dia pernah berkunjung ke pusat pemerintahan Umat Katolik tersebut pada tahun 2005 untuk pemakanan Paus Yohanes Paulus II dan beatifikasinya pada tahun 2011.

Rekam jejak Robert Mugabe yang dianggap sangat kejam telah membuatnya dipandang sebagai seorang "pendosa" yang tidak layak hadir di acara keagamaan seperti di pelantikan Paus Vatikan lalu. Pada hal Tuhan justru mencari orang-orang seperti Mugabe, seorang pendosa dan bermasa lalu kelam namun mau datang kepada-Nya untuk bertobat dan diselamatkan.

Baca juga artikel lainnya :

Resmi Dilantik, Paus Fransiskus Jadi Paus ke-266

Malala Yousafzai Akhirnya Kembali ke Bangku Sekolah

Kisah Perjuangan Malala, "Kartini" di Negeri Pakistan

Tetap Taat Dalam Proses

Mitos Negatif Tentang Para Lajang

Hanung Bramantyo: Antara Film Kontroversial dan Tayangan TV yang Positif

Sumber : Yahoo | africareview.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami