China Eksportir Senjata Kelima Terbesar

Nasional / 19 March 2013

Kalangan Sendiri

China Eksportir Senjata Kelima Terbesar

Zee Official Writer
3101

Lembaga Riset Perdamaian Internasional di Stockholm, SIPRI melaporkan Senin (11/3/13) lalu bahwa China telah menempati posisi eksportir senjata kelima terbesar di dunia, melampaui Inggris. Jumlah ekspor senjata China pada tahun 2008 hingga 2012 telah naik 162 persen dibandingkan dengan masa lima tahun sebelumnya.

SIPRI juga menambahkan bahwa ekspor senjata China mayoritas dibeli oleh pembeli terbesarnya, Pakistan (55%), Burma (8%), dan Bangladesh (7%).

Selain itu, China juga mengekspor tiga kapal frigat ke Aljazair, delapan pesawat transport ke Venezuela dan 54 tank ke Maroko

Sementara itu pemegang pasokan senjata terbesar periode 2008 sampai 2012 masih Amerika, dengan 30 persen pasokan senjata terbesar, disusul Rusia dengan 26 persen, Jerman 7 persen, dan Perancis 6 persen.

Dengan masuknya China ke peringkat 5 besar pengekspor senjata di dunia, maka untuk pertama kalinya sejak tahun 1950 Inggris tersingkir dari daftar tersebut.

China memang menunjukkan kemajuan yang sangat pesat terutama di bidang perdagangan. Mungkinkah dalam beberapa tahun ke depan China menjadi salah satu negara maju yang menyaingi Amerika dan Jepang?


Baca juga artikel lainnya:

Basuki: Selamat Atas Terpilihnya Paus Fransiskus

Paus Fransiskus Minta Umat Lebih Berani

9 Kunci Penting Menuju Hubungan yang Berhasil

Sumber : kompas / Zee
Halaman :
1

Ikuti Kami