Yenny Kartika

Official Writer
10246


Nama saya Jimmy Suhadi. Saya adalah pengusaha di bidang alat musik. Di tengah kesibukan, saya berbagi hidup dengan para penghuni tahanan di sebuah penjara di Jakarta.

Pertama kali saya melayani di penjara pada tahun 1991, di Lembaga Permasyarakatan (LP) Cipinang. Orang-orang di penjara yang sering disebut sebagai sampah masyarakat dan orang yang tak berguna, ternyata mereka punya hati juga. Pada prinsipnya, mereka adalah ciptaan Tuhan yang mau baik. Namun, dikarenakan keadaan dan belum mengenal kebenaran, mereka akhirnya jatuh ke dalam dosa.

Antonius, adalah salah seorang petugas LP yang bertugas melakukan kerjasama dengan gereja-gereja atau yayasan dari luar, dalam rangka mengadakan pembinaan rohani bagi saudara-saudara di LP ini. Mereka adalah orang-orang yang sangat membutuhkan perhatian, baik dari keluarga ,maupun pelayan-pelayan Tuhan. Antonius melihat bahwa kegiatan ini memberi pengaruh baik bagi jemaat/warga di sini.

Selain kunjungan ke penjara, kami juga menyediakan tempat pelatihan dan pembinaan bagi para napi yang telah menyelesaikan masa hukumannya. Ibadah di dalam penjara saja tidak cukup. Hal yang lebih penting adalah, bagaimana menangani mereka saat mereka sudah keluar dari penjara. Mengapa? Karena kami menemukan bahwa masyarakat masih mencap mereka sebagai sampah. Sulit bagi mereka untuk mendapatkan pekerjaan meskipun sudah berusaha sungguh-sungguh, apalagi bagi mereka yang belum punya keahlian.

Untuk itulah, pada tahun 2000 kami membuka Yayasan Penjara Logos, sebuah organisasi untuk menindaklanjuti (follow-up) mantan napi yang sudah keluar penjara. Puji Tuhan, tempat penampungan ini sangat efektif. Di situ, mereka bukan saja memperoleh Firman, tetapi juga keterampilan, sehingga mereka dapat melanjutkan hidup.

 

Testimoni

Salah satu peserta program, yang bernama Bobby berkata, "Saya adalah seorang eks (mantan) napi, dengan kasus yang lumayan berat, yakni pembunuhan. Saya berkenalan dengan Bapak Jimmy ketika saya di penjara. Pak Jimmy melayani kami. Ia semangat dan tak pernah alpa memberitakan Injil bagi kami."

"Saya kenal Pak Jimmy sejak tahun 2003. Pada saat itu saya sedang mendekam di Cipinang dengan kasus narkoba. Sekarang, setelah saya keluar, saya bergabung dengan mereka (sesama napi di Yayasan Penjara Logos—red.)," ujar Imanuel Sina, mantan napi lainnya.

 

Tuhan Bekerja

Saya melihat para napi mengalami perubahan hidup yang luar biasa. Mereka kembali ke masyarakat.

Bisa dikatakan, pelayanan penjara ini telah menjadi kebutuhan buat saya pribadi. Di dalam penjara ini, saya merasa menjadi sesuatu yang berarti. Hidup saya yang dulunya juga "engga bener", sekarang dapat dipakai untuk berbagi dengan mereka. Banyak napi yang kami layani, mengalami hidup yang diubah oleh Tuhan.

"Jika Pak Jimmy tidak melakukan hal ini, saya tidak akan pernah tahu bahwa Tuhan itu baik," kata Bobby. "Saya mensyukuri adanya orang-orang yang peduli dengan penghuni penjara."

Kalau hidup seorang pembunuh, perampok, dan pencuri bisa berubah serta bertobat; bagi saya itu suatu hadiah yang luar biasa. Itu merupakan sukacita yang sangat dahsyat. Mengapa? Karena ada satu jiwa, yang tadinya tidak berarti, sekarang ini bisa bersinar.

Tuhan Yesus datang ke dunia ini untuk orang berdosa. Jika itu yang Yesus lakukan—dan saya juga termasuk orang berdosa yang diselamatkan—kenapa sekarang saya tidak membagikan jalan keselamatan itu dengan mereka yang berdosa, yang ada dalam penjara. Mereka bisa memperoleh juga tebusan itu, keselamatan itu, sehingga hidup merekapun diubahkan.


Sumber Kesaksian:

Jimmy Suhadi

 

Baca juga artikel lainnya:

Longsor Merenggut Nyawa Suami dan Dua Anakku

Kisah Nyata Betco: Pria Playboy yang Suka Meniduri Wanita

Kisah Nyata Sony: Kutukar Segalanya demi Barang Haram

Tiga Hal Penting untuk Mengalami Sukacita Pernikahan

SOS, Aku Sudah Bosan dengan Pasanganku!

Makanan dalam Perspektif Alkitab

Video: Tuhan Memakai Hal-hal Kecil

Video: Berjalan oleh Iman, Bukan Penglihatan

Video: Lima Ilmuwan Percaya Tuhan versi Jawaban.com

Sumber : V130318205032


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

sastrapin 8 September 2020 - 04:21:18

menyembah

0 Answer

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer


Dosma Panjaitan 17 September 2020 - 16:23:12
Shalom bapak/ibu. Saya minta dukungan doa dari bap... more..

Rico Andhika 1 September 2020 - 22:45:30
Saya mohon bantuan doanya untuk diberikan jawaban ... more..

Edward Budi Setiawan 1 September 2020 - 12:24:55
Supaya Yesus, memberkati, mengurapi & menyertai se... more..

Adi Fitrio 28 August 2020 - 12:39:11
saya meminta doa dari saudara saya adi fitrio deng... more..

advertise with us


7182

advertise with us