Imam Besar Al-Azhar Mesir: Perselisihan Kristen-Muslim Harus Berakhir

Internasional / 11 March 2013

Kalangan Sendiri

Imam Besar Al-Azhar Mesir: Perselisihan Kristen-Muslim Harus Berakhir

eva Official Writer
3867

Imam besar Universitas Al-Azhar, Ahmed al-Tayeb, hadir sebagai pembicara dalam pertemuan antar pemimpin agama, Together for Egypt pada Rabu kemarin (6/3).

Pada kesempatan tersebut, Al-Tayeb menyampaikan pidato yang salah satunya berisi, “Islam dan Kristen merupakan dua agama yang berlandaskan kasih, damai, dan pengampunan sehingga mereka tidak akan melakukan tindakan ekstrim.”

Acara yang berlangsung di Rumah Keluarga Al-Azhar itu dihadiri oleh pemimpin Katolik, Ortodoks, dan Protestan. Selain itu, Al-Tayeb menghimbau agar kaum minoritas dapat bertindak bijak dan fleksibel terhadap kaum ekstrim. Al-Tayeb mengaku bahwa dia sudah mengatakan kepada pemimpin Salafist untuk menghindari segala perselisihan yang terjadi antara kelompok Muslim dan Kristen.

Sejak jatuhnya kekuasaan Presiden Hosni Mubarak pada 2010, jumlah kekerasan dan pelecehan yang terjadi pada kaum minoritas Kristen semakin meningkat. Beberapa diantaranya, Mahmoud Shu’ban, professor Universitas Al-Azhar mengatakan bahwa kelompok minoritas Kristen Koptik Mesir dapat membeli perlindungan dari tindakan pelecehan dari kaum mayoritas dengan membayar pajak perlindungan yang disebut jizya.

Selain itu peristiwa yang terjadi di provinsi Aswan, dimana sekelompok anak muda kelompok mayoritas menyerang rumah-rumah kelompok minoritas Koptik dan membakar beberapa gereja lokal. Di Alexandria, sekelompok Salafist membunuh 5 orang yang diduga mendirikan bangunan gereja.  

Peristiwa yang terjadi di Mesir hanya salah satu contoh dari banyak kasus penganiayaan terhadap kekristenan di dunia. Seperti apa yang tertulis dalam Alkitab, bahwa pada saatnya nanti di akhir jaman akan terjadi bentuk penolakan dan pemberontakan terhadap Injil. Akan tetapi, sebagai anak-anak Tuhan, kita harus dapat mempertahankan iman kepercayaan kita sampai kedatangan-Nya untuk kedua kali dan memberitakan Injil ke seluruh dunia berapapun harganya.

Baca juga:

Kelompok Anti-Kristen Diduga Gencar Serang Umat Katolik di Libya

Ribuan Kristen-Muslim Demo Anti Kekerasan Terhadap Minoritas di Mesir

Yahudi Ekstrim Lakukan Price Tag terhadap kelompok Minoritas

AS akan Beri Suaka Bagi Umat Kristen Indonesia

Sumber : asianews.it/Eva
Halaman :
1

Ikuti Kami