Si Kuning yang Banyak Manfaatnya

Serba-Serbi Sehat / 10 March 2013

Kalangan Sendiri

Si Kuning yang Banyak Manfaatnya

Zee Official Writer
5563

Salah satu bahan makanan yang penuh gizi dan dapat didapatkan dengan harga terjangkau adalah telur. Namun ketika mengonsumsi telur, banyak orang menghindari kuning telur karena kadar kolesterolnya yang tinggi. Namun jangan salah, kuning telur juga memiliki berbagai macam manfaat yang tidak bisa kita temukan di putih telur:

#1 Lebih banyak Vitamin

Vitamin yang terdapat di kuning telur jauh lebih banyak jenis dan jumlahnyam dibandingkan dengan putih telur. Setiap butir kuning telur mengandung vitamin B6, B12, A, D, E, K, dan folat. Putih telur tidak mengandung vitamin A, D, E, dan K.

#2 Lebih banyak mineral

Mineral merupakan zat gizi penting yang digunakan untuk mengelola fungsi tubuh seperti menyeimbangkan elektrolit. Walaupun baik putih telur dan kuning telur sama-sama mengandung mineral, namun kuning telur memiliki kandungan yang lebih banyak untuk setiap mineral. 90 persen dari kalsium yang terdapat [ada telur berada pasa kuning telurm 93 persen kandungan besi pada telur juga berada di bagian kuningnya, sementara putih telur hanya mengandung 7 persen kalsium.

#3 Baik untuk Kesehatan Mata

Kuning telur mengandung karotenoid lutein dan zeaxanthin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Karotenoid merupakan pigmen berwarna yang memberi warna kuning pada kuning telur. Zat ini dapat mengurangi risiko penyakit age-related degeneration dan katarak, serta berperan sebagai antioksidan untuk mata, dan melawan radikal bebas yang dapat mempengaruhi kemampuan mata untuk fokus.

#4 Manfaat Kolin

Kandungan vitamin, mineral, serta nutrien Kolin yang terdapat dalam kuning telur membuatnya berguna untuk membantu memperbaiki kesehatan jantung dan kardiovaskuler.

Sebuah studi di University of North Carolina di Chapel Hill menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi makanan dengan kadar kolin tinggi berkemungkinan 24 persen lebih kecil mengalami penyakit kanker payudara, dibandingkan mereka yang tidak.


Baca juga artikel leinnya:

Hati-hati, Dampak Buruk Perjodohan yang Tidak Berhasil

Les Miserables: Fenomena Musikal yang Kaya Akan Emosi

Kardinal Berkumpul Untuk Pertemuan Pra-Konklaf

Sumber : kompas heatlh / Zee
Halaman :
1

Ikuti Kami