Jenazah Hugo Chavez Akan Dimuseumkan

Nasional / 8 March 2013

Kalangan Sendiri

Jenazah Hugo Chavez Akan Dimuseumkan

daniel.tanamal Official Writer
2494

Mendiang Hugo Chavez yang pada Jumat (8/3) ini akan di-upacarakan, nantinya tidak akan dimakamkan ke liang lahat. Jenazah Chavez akan dibalsem dan dibaringkan di dalam peti kaca, selanjutnya akan disemayamkan di 'Mountain Barracks' yang kini diubah menjadi Museum Revolusi.

Hal tersebut dinyatakan oleh Otoritas Venezuela yang mengambil kebijakan untuk mensemayamkan jenazah Chavez selama 7 hari, seusai upacara pemakaman hari ini sehingga rakyat Venezuela memiliki kesempatan untuk melayat. Jenazah Chavez kini disemayamkan di akademi militer Caracas sembari menunggu upacara pemakaman digelar. 

Diberitakan, Chavez dibaringkan dalam peti yang separuhnya bertutupkan kaca dengan mengenakan seragam militer kebesarannya, lengkap dengan baret merah yang menjadi ciri khasnya selama menjadi presiden sosialis selama 14 tahun terakhir. Pemilihan Mountain Barracks sebagai persemayaman terakhir Chavez sendiri bukan tanpa sebab. 

Mountain Barracks adalah lokasi bersejarah dimana Chavez melancarkan kudeta militer terhadap Presiden Carlos Andres Perez pada 4 Februari 1992 silam. Kudeta tersebut gagal dan Chavez ditangkap aparat setempat. Namun akhirnya dia berbalik menjadi pahlawan dengan memenangkan pemilu pada tahun 1998 dan kemudian menjadi Presiden Venezuela hingga ajal menjemputnya. 

Beberapa tamu kenegaraan yang sudah datang untuk menghadiri pemakaman Chavez adalah Presiden Bolivia Evo Morales, Presiden Uruguay Jose Mujica dan Presiden Fernandez de Kirchner dari Argentina.


 

Sumber : berbagai sumber - daniel tanamal
Halaman :
1

Ikuti Kami