Puluhan Rumah Sakit Tolak Seorang Kakek Hingga Meninggal

Nasional / 7 March 2013

Kalangan Sendiri

Puluhan Rumah Sakit Tolak Seorang Kakek Hingga Meninggal

daniel.tanamal Official Writer
2545

Seorang kakek berusia 75 tahun di Jepang akhirnya meninggal dunia usai 25 rumah sakit menolak menerima kakek tua itu dengan alasan kekurangan tempat tidur dan tenaga dokter. Penolakan rumah sakit yang menyebabkan seseorang meninggal adalah kabar yang begitu menyedihkan. kejadian serupa sering terjadi di Indonesia.

Mulanya sang kakek yang tinggal sendirian di sisi utara Tokyo itu, pada Selasa (5/3) memanggil ambulans setelah mengalami sesak nafas di kediamannya pada Januari lalu. Ambulans dan paramedis segera melarikannya ke rumah sakit. Namun sebanyak 25 rumah sakit di seluruh penjuru Tokyo menolak merawat si kakek. 

Akhirnya paramedik berinisiatif untuk melarikan si kakek ke sebuah rumah sakit di Ibaraki, di luar kota Tokyo. Sayangnya, sebelum tiba ditempat tujuan, sang kakek menghembuskan nafas yang terakhir. Menurut salah satu paramedis yang membawa si kakek, selama bekerja dirinya belum pernah mengalami penolakan rumah sakit sebanyak itu.

Pemerintah kota Kuki, tempat si kakek tinggal, di prefektur Saitama akhirnya segera meminta rumah-rumah sakit di wilayah itu meningkatkan kapasitas ruang perawatan daruratnya. Agak ironis jika mengingat bahwa selama ini sektor kesehatan publik di Jepang yang mendapat subsidi pemerintah selalu mengedepankan standar tinggi dalam pelayanannya. 

Jika setiap rumah sakit dan juga pemerintah mau tegas dalam mengedepankan pertolongan bagi sesama yang membutuhkan, pasti banyak jiwa akan tertolong dan mendapatkan pengobatan. Kenyataan ini juga harus membuat Indonesia sendiri mawas diri terutama dalam sektor kesehata dan juga pertolongan terhadap sesama.

 

 

 


Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami