Presiden Venezuela Hugo Chavez Tutup Usia

Nasional / 6 March 2013

Kalangan Sendiri

Presiden Venezuela Hugo Chavez Tutup Usia

daniel.tanamal Official Writer
2124

Presiden Venezuela Hugo Chavez meninggal dunia pada Selasa malam waktu setempat di Rumah Sakit Militer Caracas. Kondisi kesehatan prsiden berusia 58 tahun ini memang terus memburuk setelah dirinya didiagnosa menderita infeksi pernafasan paru-paru usai menjalani operasi kanker di Kuba.

Kabar kematian pemimpin yang dikenal dunia sebagai ikon penentang kapitalisme dan imperialisme ini disampaikan oleh Wakil Presiden Venezuela Nicolas Maduro dengan pengawalan ketat tentara keamanan. "Kami menerima kabar duka yang menyatakan, pemimpin kami Presiden Hugo Chavez meninggal hari ini pukul 4.25 sore (waktu setempat)," seru Maduro sambil berlinang air mata, dilansir AFP, Rabu (6/3).

Maduro dalam pidatonya juga mengajak seluruh rakyat Venezuela untuk merapatkan barisan setelah kematian pemimpin mereka. Sementara itu dirinya juga menyatakan telah mengerahkan angkatan bersenjata dan polisi untuk melindungi rakyat dan menjamin adanya perdamaian.
  
Menurut konstitusi Venezuela, pemimpin Kongres Venezuela, Diosdado Cabello, akan menjabat jabatan presiden sementara sebelum pemilihan umum digelar. Pemimpin angkatan bersenjata negara Venezuela sendiri telah menyatakan akan melindungi kedaulatan, integritas dan keamanan negara, dan tetap setia kepada wakil presiden, parlemen. Mereka juga meminta masyarakat tetap tenang.

 

 


Sumber : BBC/Detik/AFP/Daniel Tanamal
Halaman :
1

Ikuti Kami