Dialog Damai, Solusi Konflik di Papua

Internasional / 5 March 2013

Kalangan Sendiri

Dialog Damai, Solusi Konflik di Papua

daniel.tanamal Official Writer
2438

Memanasnya situasi di Papua usai baku tembak antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan kelompok separatis yang memakan korban jiwa kembali menjadi perhatian serius agar pemerintah pusat mau serius untuk menyelesaikan segala permasalahan di bumi cendrawasih Papua.

Menurut Ketua pengurus badan Persekutuan Gereja-gereja Baptis Papua (PGGBP), Pendeta Socrates Sofyan Yoman, dialog damai menjadi satu formula terbaik dalam solusi konflik di tanah Papua. "Dialog damai yang bermartabat antara Indonesia dan Papua tanpa syarat dan dimediasi oleh pihak ketiga, itu solusinya," ungkapnya usai peluncuruan buku "Otonomi Khusus Papua Telah Gagal" di aula STT GKI Padang Bulan, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (2/3), seperti dirilis Republika.

Socrates melihat bahwa akar persoalan yang sangat mendasar di wilayah Indonesia timur itu bukan lebih kepada soal kesejahteraan seperti yang didengungkan selama ini oleh elite politik ataupun para pemerhati soal Papua, tetapi lebih kepada masalah pelurusan sejarah Papua ke Indonesia. "Akar pesoalanya bukan kesejahteraan tetapi soal sejarah Papua dengan Indonesia, hal inilah yang harus dibahas secara baik lewat dialog," katanya.

Socrates menambahakan bahwa sejak 1961 telah banyak program yang berlaku di Papua hingga pada masa reformasi pada 1998. Pada tahun 1999 rakyat Papua meminta merdeka, namun yang diberikan oleh pemerintah pusat adalah otonomi khusus. Socrates mengatakan Otsus seharusnya bisa memberikan keberpihakan, pemberdayaan dan perlindungan, tetapi yang terjadi adalah sebaliknya.


 

Sumber : republika
Halaman :
1

Ikuti Kami