Umat Kristen-Islam di Indonesia Bisa Hidup Berdampingan Lho

Internasional / 2 March 2013

Kalangan Sendiri

Umat Kristen-Islam di Indonesia Bisa Hidup Berdampingan Lho

Budhi Marpaung Official Writer
3720

Pertemuan tokoh-tokoh agama Kristen dan Islam se-kawasan Asia, The Conference of Muslims-Christians Religious Leaders of Asia, yang berlangsung di Jakarta telah berakhir Kamis (28/2) lalu. Namun begitu, acara ini meninggalkan satu pesan penting untuk Indonesia.

“Khusus di Indonesia, kita ingin menegaskan ulang bahwa acara ini hadir di tengah-tengah menguatnya intoleransi. Dan pesan ini mengatakan ‘Oh, itu salah’ dan kita bisa melakukan ini. Buktinya kita memiliki kesamaan. Dokumen a Common Word ini kan sudah direspon oleh seluruh pemimpin agama Kristen  - anglikan, evangelical, baptis, mormon sekalipun- Semua sudah merespon itu. sekarang dia hadir di Indonesia untuk menegaskan kita bisa hidup berdampingan lho,” kata Favor Bancin, salah satu panitia acara kepada Jawaban.Com di Hotel Acacia, Jakarta Pusat.

Sebelumnya, Favor juga sempat menjelaskan bahwa kegiatan The Conference of Muslims-Christians Religious Leaders of Asia ini merupakan sebuah bentuk rasa tanggung jawab tokoh-tokoh agama dalam merespon masalah-masalah yang sekarang sedang terjadi di dunia.  

“Secara konkrit sebenarnya kita mau mengatakan kalau bukan kita yang bekerja sama maka dunia ini akan semakin buruk dan semakin banyak orang yang akan menguatkan terus mengatasnamakan agamanya maka tidak ada titik temu. Nah, pertemuan ini menegaskan ulang titik temu itu memampukan kita juga untuk bekerja bersama di bawah menghadapi persoalan,” lanjut Favor.

Meski begitu, Favor belum mengetahui secara pasti kapankah pertemuan seperti ini dilaksanakan kembali. Hanya saja ia menegaskan bahwa ketika ada pergumulan yang perlu disikapi oleh tokoh-tokoh agama, maka acara The Conference of Muslims-Christians Religious Leaders of Asia pun akan kembali diselenggarakan.

Baca juga :

Kuasa Doa di Tempat Kerja  

Cegah Flu Versi Baru Dengan 7 Tips Sederhana Ini

Dokumentasi Kopdar Perdana JCers 2013

Kisah Nyata Senna yang Ingin Sembuhkan Kanker Mamanya

Dunia Butuh Harapan

Sumber : wawancara dengan Favor Bancin / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami