Wali Kota Samarinda Ancam Copot Jabatan Camat yang Tebang Pohon

Nasional / 1 March 2013

Kalangan Sendiri

Wali Kota Samarinda Ancam Copot Jabatan Camat yang Tebang Pohon

Budhi Marpaung Official Writer
2863

Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang tidak akan mentolerir tindakan camat yang menebang pohon. Menurut dia, apa yang dilakukan seorang pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Samarinda ini sama dengan tidak mendukung program pemerintah setempat yakni "Hijau Bersih Sehat" (HBS).

Oleh sebab itu, bila nantinya Camat Samarinda Ulu, Achmad Raihan, yang diketahui menebang delapan pohon di sekitar kantor Kecamatan Samarinda Ulu terbukti menyalahi aturan maka ia dengan segera menjatuhkan sanksi pemecatan.

"Jika hasil pemeriksaan dari BLH (Badan Lingkungan Hidup) memang tidak ada izin dan terbukti pohon yang ditebang itu masih hidup, maka pejabat (camat) tersebut akan dicopot," ungkap Syaharie Jaang, Jumat (1/3).

Untuk diketahui, beberapa waktu lalu Camat Samarinda Ulu, Achmad Raihan, menebang pohon yang dianggapnya sudah tua dan mati di sekitar kantor Kecamatan Samarinda Ulu. Keputusan itu menuai  protes dari Wali Kota Samarinda, Syaharie Jaang. Pasalnya, penebangan pohon harus melalui izin dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP).

Dalam keterangan kepada media, Achmad Raihan mengaku menebang delapan pohon di area Kantor Kecamatan Samarinda Ulu karena pohon-pohon itu sudah mati.

“Lagipula, warga juga mempermasalahkan pohon tersebut. Mereka takut pohon tersebut akan rebah ke rumah penduduk,” ujarnya.

Terlepas benar salahnya Camat Achmad Raihan, mudah-mudahan dengan adanya ancaman pemecatan ini maka seluruh pejabat di lingkungan pemerintahan kota Samarinda mau menegakkan aturan pemeliharaan lingkungan yang sudah ditetapkan oleh Wali Kota maupun Wakil Wali Kota Samarinda.

Lebih daripada soal pecat memecat, juga harus diingat bahwa bila bukan orang-orang Samarinda yang menjaga kota Samarinda, siapa lagi yang mau melakukannya ?


Baca juga :

  Kisah Nyata Masa Kelam John Peter, Pengusaha 1,2 Miliar

Kuasa Doa di Tempat Kerja  

Cegah Flu Versi Baru Dengan 7 Tips Sederhana Ini

Dokumentasi Kopdar Perdana JCers 2013

Sumber : kompas.com; kaltimpost.co.id / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami