Pemerintah Indonesia Gagal Lindungi Minoritas

Nasional / 1 March 2013

Kalangan Sendiri

Pemerintah Indonesia Gagal Lindungi Minoritas

daniel.tanamal Official Writer
2630

Organisasi HAM, Human Rights Watch (HRW) dalam laporan terbarunya menyatakan bahwa pemerintah Indonesia gagal dalam melindungi pemeluk agama minoritas di tengah kekerasan dan intoleransi yang dikatakan meningkat akhir-akhir ini.

Untuk itu HRW mendesak Presiden SBY untuk mengambil tindakan tegas dan menghukum para pelaku serangan terhadap pemeluk agama minoritas tanpa pandang bulu. "Jika pemerintah tidak tegas mengatasi kasus kekerasan dan intoleransi agama ini, kita mungkin akan melihat masyarakat Indonesia menjadi kurang memiliki tenggang rasa," ujar Phelim Kine, Wakil Direktur HRW untuk kawasan Asia.

Menurut HRW terdapat peningkatan serangan terhadap orang-orang Kristen, Buddha, dan Islam yang minoritas, seperti Syiah dan Ahmadiyah, serta banyak di antaranya yang dilakukan kelompok militan Islam. Seringkali kasus bergulir dengan pelaku serangan hanya mendapatkan hukuman ringan atau tidak dihukum sama sekali.

Dalam menyusun laporan tersebut, para peneliti HRW mewawancarai lebih dari 100 orang dengan latar belakang agama yang berbeda. Pemerintah Indonesia sendiri menanggapi laporan organisasi yang berkantor pusat di New York ini dengan pernyataan bahwa secara umum kerukunan kehidupan beragama masih kuat di tanah air.

Secara umum, kehidupan antar umat beragama di Indonesia memang terlihat harmonis. Namun penyelesaian dari konflik kasuistik yang melibatkan umat beragama di beberapa daerah sangat lemah. Kasus kasuistik tersebut punya daya ledak yang luar biasa jika pemerintah hanya santai dalam menanggapinya.

 

 


Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami