Temukan, Tempatkan, dan Kembangkan, 3 Prinsip Investasi SDM

Investment / 27 February 2013

Kalangan Sendiri

Temukan, Tempatkan, dan Kembangkan, 3 Prinsip Investasi SDM

Puji Astuti Official Writer
5879

Dibelakang setiap perusahaan, apakah itu multinasional atau usaha kecil, ada sebuah penentu, yaitu orang yang berbakat. Setiap orang memiliki peran uniknya sendiri-sendiri dalam melakukan pekerjaan dibidangnya. Seorang juru bicara, dia memiliki kemampuan berbicara di depan umum, seorang administrasi adalah master dari multi-tasker, dan seorang CEO ahli dalam menetapkan visi dan memimpin tim.

Untuk itu bakat pribadi seseorang berperan besar dalam pencapaian keberhasilan sebuah perusahaan. Tentunya untuk sebuah usaha dapat berjalan dengan baik, dibutuhkan banyak orang dengan bakat dan kemampuan yang unik yang bekerja sesuai dengan kemampuannya. Untuk itulah investasi sebuah usaha bukanlah pada bangunan atau mesin, namun pada manusia. Dalam semua lembaga, departemen sumber daya manusia atau HRD sangat penting agar sebuah perusahaan dapat berkembang dengan maksimal.

Contoh yang tepat adalah kisah produk bernama Orabrush yang ditemukan oleh Robert "Dr Bob" Wagstaff diusianya yang hampir pensiun. Dia menciptakan pembersih lidah, karena dia tahu  bahwa 90 persen penyebab bau mulut berasal dari lidah yang kotor. Alatnya itu adalah alat terbaik untuk membersihkan bakteri yang ada di mulut.

Walau sudah terbukti, namun tidak ada yang tertarik untuk membelinya. Sekalipun ia sudah memasang iklan yang menghabiskan uang 40.000 dolar Amerika, dia hanya menjual 100 pesanan. Dr.Bob bertalenta sebagai seorang penemu, namun dia bukanlah ahli marketing.

Dalam keputusasaannya, Dr.Bob meminta sekelompok mahasiswa dari kelas riset pasar untuk memberi ide baru untuk memasarkan pembersih lidahnya secara online. Seorang mahasiswa muncul, Heffrey Harmon, menawarkan bantuan kepada Dr.Bob dan membuat video marketing yang ditayangkan di YouTube tentang Orabrush. Hasilnya sangat mengesankan, video itu mendapatkan 18 juta viewm dan membuat perusahaan itu mengalami terobosan dalam penjualan.

Jeff Harmon merupakan marketing yang hebat, namun baik Dr.Bob maupun Jeff bukanlah CEO yang baik, untuk itu perusahaan Orabrush mempekerjakan Jeff Davis, mantan eksekutif P&G yang telah bergelut lebih dari 25 tahun dibidang barang konsumsi untuk memberi visi kepada perusahaan dan membawa produk mereka ke 30.000 toko ritel di 15 negara.

Tanpa kontribusi banyak orang dengan bakat mereka masing-masing, maka sebuah usaha akan stagnasi atau bahkan hancur. Seperti Orabrush, berkat kolaborasi tiga generasi, maka usaha itu semakin berkembang.

Sebuah perusahaan tidak hanya dituntut menemukan orang yang tepat dan menempatkan mereka di tempat yang tepat, namun lebih dari itu adalah memelihara dan mengembangkan sumber daya manusia yang ada menjadi lebih efektif, produktif dan kreatif. Inilah investasi yang paling mahal dan paling berharga dalam sebuah usaha.

Baca juga :

Selamat Bergabung Untuk JCers di Bulan Cinta 2013

Pengampunan Berguna Bagi Kebaikan Diri Sendiri

Minimalkan Dampak Cerai Pada Anak Versi Para Ahli

Berbagai Efek Buruk Minuman Soda Bagi Keindahan Tubuh

Resep Pempek Lenggang, Pempek yang Telur Banget

Sumber : Forbes.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami