Demi Bumi, Para Keluarga Ini Hidup

Nasional / 23 February 2013

Kalangan Sendiri

Demi Bumi, Para Keluarga Ini Hidup "Hijau"

Lois Official Writer
2587

Ini adalah kisah tentang dua keluarga yang begitu peduli lingkungan sehingga mereka pun menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Lantas, kegiatan seperti apa yang mereka lakukan hingga layak kita contoh untuk menjaga lingkungan dan bumi kita ini tetap sehat?

Keluarga Johnson

Jika rata-rata orang Amerika membuang 500 kg sampah tiap tahunnya, maka keluarga Johnson yang terdiri dari 4 anggota tersebut selama 6 bulan hanya menghasilkan sampah yang cukup dimasukkan dalam 1 gelas.

Mereka selalu membawa wadah sendiri tiap belanja, tas kain untuk barang-barang kering, toples kaca untuk barang-barang basah seperti daging dan keju. Untuk produk seperti susu dan yogurt, mereka meminjam botol kaca dari pemasok. Mrs. Johnson juga membuat sendiri produk pembersih dan pasta gigi. Untuk kedua anak mereka? Mereka boleh punya mainan tapi hanya boleh punya maksimal 2 keranjang. Kalau lebih dari itu, mainan lama harus dijual atau disumbangkan.

Keluarga Krautwaschl

Awalnya keluarga ini nonton documenter berjudul Plastic Planet. Dari film tersebut, mereka mencoba melakukan proyek bebas plastik selama sebulan dan ternyata keterusan. Nyonya keluarga ini kemudian menyingkirkan semua barang yang terbuat dari plastik dari rumahnya. Keluarga yang tinggal di Eisbach, Austria ini sebisa mungkin menghindari beli barang yang terbungkus dari plastik. Contohnya saja, tisu. Sebelum menemukan recycled paper napkins, mereka tak membeli tisu terbungkus plastik namun sempat memakai kertas koran bahkan daun. Bagaimanapun juga, mereka masih pakai barang-barang plastik yang tidak bisa dihindari seperti komputer dan telepon. Hanya saja, mereka nyari barang-barang second setiap butuh benda plastik seperti itu.

Kedua keluarga ini memang patut diacungi jempol. Mereka mampu hidup yang menghijaukan bumi sebisa mungkin. Tidak banyak orang yang peduli dengan pemanasan global yang terus terjadi dan makin meningkat. Namun, jika ada banyak keluarga yang mulai mencontoh, bumi dapat bernafas dengan lebih baik lagi.

 

Baca juga :

Selamat Bergabung Untuk JCers di Bulan Cinta 2013

Anda Bisa Memilih Bagaimana Harus Berpikir (3-Tamat)

Masih Kecil Suka Bohong, Didik Anak dengan Kasih

Keindahan Cheongsam dan Changshan Saat Imlek

Resep Lain dari Pempek : Pempek Panggang

Sumber : gogirl by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami