Jawa Barat Siaga 1 Jelang Pencoblosan

Nasional / 22 February 2013

Kalangan Sendiri

Jawa Barat Siaga 1 Jelang Pencoblosan

daniel.tanamal Official Writer
2032

Dalam meingkatkan meningkatkan kesiapsiagaan terhadap hal-hal yang dapat merusak pesta demokrasi, kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat (Jabar) menerapkan Status Siaga 1 pada masa tenang hingga H+1 pencoblosan Pilgub Jabar 2013. 

Dalam status ini akan disiagakan sebanyak 21.730 personel yang sebagian diantaranya diberangkatkan ke sejumlah Polres di Kabupaten/Kota di Jabar, dan sebagian lagi standby di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Bandung. "Supaya kami siaga, hari ini kami siaga satu sampai H+1," kata Kabid Humas Polda Jabar, Martinus Sitompul, di Bandung, Kamis (21/2). 

Martinus mengantisipasi situasi berdasarkan kategori wilayah di Jabar yaitu dari tingkat kriminalitas di suatu daerah, situasi politik, dan kondisi geografinya. "Dari tiga sudut pandang itu kami antisipasi dengan personel, cara penanganan, dan peralatan. Misalnya jika geografinya rawan kami siapkan kendaraan dan penambahan personel, supaya distribusi kotak suara dan kertas suara pascapencoblosan kami jamin lancar dan aman." 

Dilaporkan bahwa pengamanan tiap TPS beragam, yakni antara dua hingga enam petugas per-TPS. Dari sekira 74.500 TPS di Jabar, Polda Jabar kebagian mengawal 63 ribuan TPS. Sisanya masuk ke wilayah hukum Polda Metro Jaya, yakni TPS di Kabupaten dan Kota Bekasi, Kota Depok, dan sebagian Bogor.

 

 

 

Sumber : Okezone
Halaman :
1

Ikuti Kami