Jokowi: Dampingi MRT dengan Kebijakan Keras

Nasional / 22 February 2013

Kalangan Sendiri

Jokowi: Dampingi MRT dengan Kebijakan Keras

Zee Official Writer
3211

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo yakin akan kesuksesan penggunaan moda transportasi massal berbasis rel atau mass rapid transit (MRT) di masyarakat Ibu Kota apabila penggunaan tersebut didampingin dengan kebijakan keras yang terkait.

Jokowi mengakui bahwa masyarakat masih ragu untuk menggunakan MRT karena tariff yang relative lebih mahal dibandingankan dengan transportasi lain.

"Ini masalah penumpang, masih ada yang bayang-bayangin jumlah cost dan memperkirakan jumlah penumpang akan rendah. Tapi nanti kita lihat," kata Jokowi, dalam public hearing di Balaikota Jakarta, Rabu (20/2/2013).

Namun Jokowi menegaskan bahwa ia akan mendesak masyarakat untuk tetap menggunakan trsnaportasi massal dalam rutinitas mereka, mulai dari dari ganjil-genap, jalan berbayar (electronic road pricing atau ERP), pajak parkir tinggi, dan menekan tarif MRT.

"Seperti di Singapura, dampingi dengan policy, dan saya akan dampingi itu dengan keras. Memang iya, kalau tarif MRT Rp 10.000, mending naik sepeda motor," ujarnya.

Prediksi tarif penggunaan MRT dari PT MRT Jakarta adalah sekitar Rp 15.000 per orang dengan prediksi jumlah penumpang mencapai 174.000-261.800 orang per hari, serta subsidi pemerintah Rp 3,1 triliun dalam 11 tahun, atau Rp 2,2 triliun dalam 22 tahun. Apabila subsidi ditiadakan, maka tarifnya akan mencapai Rp 35.000 per orang.

"Itu kajian kami, dan harga tiket tergantung juga dengan subsidi dari pemerintah," ujar Direktur Utama PT MRT Jakarta Tribudi Rahardjo.

Adanya fasilitas MRT merupakan salah satu solusi yang sangat efektif bagis sistem transportasi DKI Jakarta. Namun tarifnya yang masih cukup tinggi tetap berpotensi membuat masyarakat lebih memilih menggunakan transportasi yang lain, melihat perekonomian Indonesia tidak sebaik Singapura atau Taiwan. Namun bukan berarti proyek tersebut harus ditinggalkan. Hanya saja, diperlukan pemikiran yang lebih lanjut mengenai tarif penggunaanya supaya lebih terjangkau bagi masyarakat Jakarta.


Baca juga artikel lainnya:

Long Distance Relationship Can Work!

Kunjungi Jakarta, Miss World 2012 Seolah di Rumah Sendiri

Manfaat Jus Semangka Bagi Kesehatan

Sumber : kompas.com / Zee
Halaman :
1

Ikuti Kami