Joaquin Guzman, Musuh Masyarakat Nomor Satu

Nasional / 17 February 2013

Kalangan Sendiri

Joaquin Guzman, Musuh Masyarakat Nomor Satu

daniel.tanamal Official Writer
3702

Masyarakat dunia tentu mengenal Al Capone tokoh mafia legendaris asal kota Chicago. Saking berbahayanya Capone, sampai-sampai aparat keamanan memberinya status musuh masyarakat nomor satu. Setelah Capone tidak ada lagi penjahat yang diberi status tersebut, sampai kini gembong narkoba dari Meksiko mendapatkannya.

Joaquin Guzman yang dikenal sebagai pemimpin kartel narkoba yang paling berpengaruh di Meksiko kini diberi gelar yang sama oleh Capone. Status itu sendiri resmi diberikan Kepolisian Chicago, Amerika Serikat (AS), karena Guzman merupakan salah satu penyuplai utama narkoba ke Kota Chicago.

Komisi Kejahatan Chicago dikenal sebagai lembaga yang mengawasi dunia kriminal di Kota Chicago, mereka memberikan label “musuh masyarakat” kepada pelaku kejahatan yang mereka anggap membahayakan kehidupan warga Chicago. Komisi itu sendiri memberikan status musuh masyarakat nomor satu kepada Al Capone pada tahun 1930 silam.

“Tidak ada penjahat lain yang mendapatkan status musuh masyarakat nomor satu sejak Al Capone. Kini kami  memberikannya kepada Guzman,” ujar ketua Komisi Kejahatan Chicago, JR Davis, seperti dikutip Sky News, Jumat (15/2)

Guzman sendiri dikategorikan sebagai tokoh kriminal paling berbahaya sekaligus salah satu penjahat terkaya di dunia. Kenyataan itu membuatnya disebut lebih berbahaya daripada Al Capone. “Jika Guzman dan Capone bertarung, Guzman akan memakan hidup-hidup Capone,” ujar pejabat Badan Pemberantasan Narkoba AS, Jack Riley.
 

 

 

Sumber : Okezone
Halaman :
1

Ikuti Kami