Valentine: Saatnya Keluarga Berkumpul

Parenting / 16 February 2013

Kalangan Sendiri

Valentine: Saatnya Keluarga Berkumpul

Zee Official Writer
2877

Demam Valentine masih kita rasakan hingga hari ini dan apabila Anda merasa bahwa Valentine hanyalah perayaan bagi pasangan muda-mudi yang masih pacaran atau bagi pasangan suami-istri saja, wah, berarti Anda rugi besar.

Valentine merupakan hari kasih sayang yang bisa Anda manfaatkan untuk semakin mendekatkan setiap anggota keluarga Anda. Jadikanlah Valentine sebagai hari khusus keluarga dan gunakan hari ini untuk melakukan aktivitas bersama keluarga Anda.

Kerja Bakti Membersihkan Rumah

Mungkin menurut Anda, bekerja sama membersihkan rumah merupakan hal sepele yang bisa dilakukan kapan saja. Untuk itu, berilah kesan khusus pada hari tersebut dengam meberikan peran kepada seluruh anggota keluarga Anda: membersihkan halaman, merapikan kamar tidur, membersihkan dapur dan ruang tamu. Jadikan kegiatan ini sebagai kegiatan yang menyenangkan dan bukan tuntutan.

Berbelanja Bersama

Apabila biasanya kegiatan ini hanya dilakukan para ibu, di hari Valentine ini ajaklah seluruh anggota keluarga Anda untuk turun ke pasar tradisional/supermarket untuk berbelanja keperluan sehari-hari Anda.

Piknik/Berjalan-jalan Bersama Keluarga

Jadikanlah Valentine Tahun ini spesial dengan mengajak keluarga Anda berjalan-jalan dan menghabiskan waktu bersama. Mungkin pergi ke taman kota atau waterboom, atau sekedar bekeliling kota dengan berbekal snack di dalam mobil. Intinya adalah, biarkan keluarga Anda berkumpul dan saling berinteraksi satu sama lain.

Bertukar Kado

Valentine bersama keluarga juga bisa disiasati dengan membuat acara tukar kado bersama anggota keluarga Anda. Hal ini bisa membantu Anda dan keluarga mengekspresikan rasa sayang Anda dengan keluarga, dan melatih setiap anggota keluarga untuk mengerti apa yang diinginkan satu sama lain.

Menonton Film Bersama

Daripada membayar mahal untuk bioskop, akan lebih menyenangkan apabila seluruh anggota keluarga berkumpul dan menonton marathon film favorit bersama. Jangan lupa sediakan pop corn atau cemilan-cemilan yang bisa menemani keluarga Anda menonton film.

Buatlah Kegiatan Sosial

Hari Valentine juga bisa Anda menfaatkan untuk membangun rasa solidaritas pada setiap anggota keluarga Anda dengan berbagi kasih sayang kepada mereka yang membutuhkan. Dakan acara bakti sosial dengan berkunjung ke panti asuhan dengan membawa bahan pokok yang bisa disumbangkan ke panti tersebut. Dengan begitu Anda juga bisa melatih Anak untuk peduli terhadap sesama.

Sumber : adaptasi dari berbagai sumber / Zee
Halaman :
1

Ikuti Kami