Pimpin Misa Terakhir, Paus Ingin Gereja Akhiri Kemunafikan

Internasional / 15 February 2013

Kalangan Sendiri

Pimpin Misa Terakhir, Paus Ingin Gereja Akhiri Kemunafikan

Lois Official Writer
4441

Saat memberikan misa terakhir di Vatikan, Rabu (13/2) Paus Benediktus XVI memberikan pesan terakhirnya sebagai Paus sebelum mengundurkan diri pada 28 Februari 2013. Paus menyatakan bahwa umat beriman harus tulus dalam iman mereka. Dia mendesak agar kemunafikan religius dan persaingan di dalam gereja, khususnya gereja Katolik untuk segera diakhiri.

Tampil dengan jubah ungu, Paus memberikan homili (khotbah) terakhirnya di hadapan sekitar 8.000 umat Katolik yang hadir di auditorium Vatikan yang memberikan tepuk tangan meriah. Misa terakhir Paus itu berlangsung sangat emosional.

Dia mengatakan wajah gereja kadang-kadang dirusak oleh dosa melawan kesatuan gereja, dan perpecahan di antara para pastor. Pernyataannya ini merujuk pada kasus pedofilia yang mengganggu lembaga agama yang telah berusia 2.000 tahun tersebut.

Selain itu, dia juga menyatakan bahwa keputusannya mengundurkan diri adalah demi kebaikan gereja Katolik dan dia yakin keputusannya ini tidak menyakitkan gereja. “Terus berdoa bagi saya, bagi gereja, dan bagi Paus berikutnya. Saya mengambil keputusan dalam kebebasan penuh dan untuk kebaikan gereja setelah berdoa cukup lama, dan menguji dengan hati nurani di hadapan Tuhan,” katanya dengan suara penuh emosi.

Vatikan sendiri telah mengumumkan konklaf atau pertemuan Dewan Kardinal sebanyak 117 kardinal untuk memilih paus baru yang akan dilakukan antara 15-20 Maret, hal yang mana sesuai dengan peraturan bahwa konklaf harus diadakan 15 hari setelah tahta kepausan kosong. Siapakah yang akan menjadi paus berikutnya? Kita berharap dia adalah yang terbaik bagi perkembangan umat Katolik khususnya di dunia ini.

 

Baca juga :

Selamat Bergabung Untuk JCers di Bulan Cinta 2013

Anda Bisa Memilih Bagaimana Harus Berpikir (2)

Nikmati Ber-Valentine Ria Bersama Anak 

Keindahan Cheongsam dan Changshan Saat Imlek

Ini Dia Resep Pempek Adaan

Sumber : suarapembaruan.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami