Cegah Kanker Menyebar Dengan Olah Raga

Serba-Serbi Sehat / 10 February 2013

Kalangan Sendiri

Cegah Kanker Menyebar Dengan Olah Raga

Zee Official Writer
3419

Olah raga adalah salah satu cara untuk menjaga tubuh agar tetap fit dan bugar. Selain itu, olah raga juga dapat membantu Anda mencegah sel-sel kanker untuk berkembang.

Baik bagi penderita kanker maupun yang masih sehat, manfaat olah raga sangat baik bagi tubuh untuk meningkatkan kebugaran, menguatkan otot, merampingkan massa tubuh, mengontrol berat badan, meningkatkan mood dan kepercayaan diri, mengurangi kelelahan, serta menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Stres, depresi, rasa sakit, dan kelelahan yang disebabkan oleh kanker dan pengobatannya membuat penderita cenderung kurang aktif. Berolahraga setidaknya 30 hingga 60 menit selama 5 hari seminggu dapat membantu Anda menghindari dan mencegah pertumbuhan sel kanker pada tubuh.

Latihan fleksibilitas
 
Latihan fleksibilitas atau peregangan penting untuk memberpatahkan mobilitas dan keelastisan tubuh. Latihan ini cocok untuk Anda yang belum siap untuk melakukan olah raga berat untuk tetap menjaga tubuh agar tetap fleksibel.

Latihan Cardio

Jalan cepat, jogging, berenang, dan senam aerobik merupakan rajanya latihan yang dapat membakar kalori dan meningkatkan stamina. Latihan-latihan ini dapat meningkatkan kekuatan kardiovaskular sehingga menurunkan risiko serangan jantungm stroke, dan diabetes.

Angkat beban

Latihan angkat beban sangat berguna terutama bagi orang-orang yang kehilangan massa otot pada saat pengobatan kanker. Angkat beban atau latihan isometric akan membangun otot dan mengurangi penimbunan lemak.


Baca juga artikel lainnya:

Raffi Ahmad Dijebak?

Chinese Zodiac (CZ12): Kisah Pencuri Yang Selamatkan Harta Negara

Meraih Kekayaan di Tahun Baru (Part 1)

Sumber : berbagai sumber / Zee
Halaman :
1

Ikuti Kami