Awas, Efek Negatif Karena Terlalu Banyak Bekerja!

Career / 9 February 2013

Kalangan Sendiri

Awas, Efek Negatif Karena Terlalu Banyak Bekerja!

daniel.tanamal Official Writer
3942

Menjadi seorang pekerja yang multifungsi dan juga total adalah ciri kaum pekerja masa kini yang melakukannya karena tuntutan hidup yang tinggi. Tidak jarang kita terus bekerja melampaui durasi kerja kita yang hanya delapan jam saja.

Bahkan di rumah pun ponsel selalu aktif agar kita selalu siap jika sewaktu-waktu diminta menyelesaikan pekerjaan. Ketika tahun ini target kita tercapai, tahun depan target akan ditingkatkan. Begitu seterusnya? Inikah yang Anda alami selama ini? Mendedikasikan hidup Anda terutama untuk pekerjaan, sehingga kesulitan menikmati kehidupan pribadi? Merasa hidup Anda menjadi tidak berkualitas, karena kurang tidur dan selalu merasa kelelahan?

Perlu Anda ketahui, sibuk dan terlalu banyak bekerja itu bedanya tipis. Bekerja terlalu banyak bisa memberi efek negatif pada kesehatan fisik dan mental, antara lain memperlambat upaya Anda menurunkan berat badan, atau malah menyebabkan berat badan Anda naik.

Menurut situs WebMD, 44 persen orang dewasa mengalami efek kesehatan yang merugikan dari stres. Diperkirakan, 75 persen hingga 90 persen dari seluruh tempat praktik dokter dikunjungi pasien yang menderita penyakit akibat stres.

Kemudian, stres itu sendiri bisa mengganggu tidur Anda, baik dari kuantitas maupun kualitasnya. Ketika Anda tegang menghadapi presentasi yang harus Anda lakukan esok hari, misalnya, kemungkinan Anda akan sulit tidur. Akhirnya, Anda malah kekurangan tidur dan merasa kelelahan esok harinya.

Padahal, tidur kurang dari waktu yang disarankan (idealnya 8 jam setiap hari) bisa memengaruhi kesehatan Anda. Kurang tidur menyebabkan Anda sulit berkonsentrasi dan menaruh perhatian. Kurang tidur juga bisa meningkatkan rasa lapar dan memperlambat metabolisme tubuh. Ketika stres, apakah Anda mencari pelepasan atau hiburan dengan menikmati jajanan yang "heboh" lemaknya?

Yang lebih parah, bekerja berlebihan juga memengaruhi kesehatan mental dan kehidupan pribadi Anda. Stres yang kronis bisa mengakibatkan depresi dan kegelisahan. Saat terus-menerus bekerja, Anda juga akan dibenci keluarga dan teman-teman. Soalnya, setiap kali Anda datang terlambat ke janji pertemuan, atau bahkan membatalkannya sama sekali.

 

 


Sumber : kompas female
Halaman :
1

Ikuti Kami