Kolombia Akan Legalkan Ganja dan Ekstasi

Nasional / 30 January 2013

Kalangan Sendiri

Kolombia Akan Legalkan Ganja dan Ekstasi

eva Official Writer
5902

Di saat negara kita disibukkan dengan pemberantasan narkoba seperti yang dialami Raffi Ahmad, dkk, Kolombia justru bertindak sebaliknya. Seperti yang dilansir BBC, 30 Januari 2013, Kolombia akan segera melegalkan ekstasi dan ganja.

Sebelumnya, pemerintah ini sudah melegalkan penggunaan narkotika jenis lain, namun dalam jumlah kecil. Menteri Kehakiman, Ruth Stella Correa mengatakan, “ganja dan ekstasi akan dilegalkan namun belum pasti batasannya akan seperti apa.” Wacana pelegalan ini sempat menimbulkan perdebatan berlarut-larut dan bahkan mereka juga berencana melegalkan heroin.

Senator Roy Barreras pada stasiun Radio Caracol mengatakan,”Para pakar setuju bahwa narkotika sintetis seperti ekstasi dan methamphetamines, tetapi ada yang bersikeras bahwa definisi itu bisa diterapkan pada heroin.” Selain itu beberapa pakar di Kolombia mengungkapkan bahwa mereka setuju dengan RUU pelegalan narkotika seperti mariyuana dan kokain. Namun untuk merealisasikannya, negara perlu melakukan pendekatan represif hukum pada penggunaan narkotika yang mengancam hukuman pidana bagi pemilik dan pengguna narkotika. RUU tersebut rencananya akan dibahas kembali dan diputuskan dalam beberapa bulan mendatang.

Melihat dampak yang ditimbulkan dari narkoba, seharusnya pelegalan barang haram tersebut tidak perlu dilakukan. Terlebih lagi jika dikonsumsi oleh generasi muda bangsa. Sebab maju tidaknya negara tersebut tergantung kepada langkah apa yang diambil pada saat ini.

 

Sumber : berbagai sumber/eva
Halaman :
1

Ikuti Kami