Anak Terlibat Narkoba, Salah Orangtuakah?

Parenting / 29 January 2013

Kalangan Sendiri

Anak Terlibat Narkoba, Salah Orangtuakah?

Lois Official Writer
3876

Pergaulan jaman sekarang membuat banyak orangtua kuatir. Entah itu melanggar norma maupun agama, termasuk penggunaan narkoba. Anak yang terperangkap narkoba, tentu tak terlepas dari masalah yang mendorongnya seperti pengaruh teman-teman atau karena tidak harmonisnya hubungan antara anak dan orangtua. Lantas, apakah yang harus kita lakukan sebagai orangtua untuk mencegahnya?

Ini dia tips yang dapat dilakukan menurut BNN :

Menjadi teladan atau role model dalam budaya anti narkoba. Jangan gunakan kekerasan dan lakukan disiplin diri agar anak melihat panutan itu di dalam diri kita.

Membantu anak mengembangkan kemampuan menolak tekanan kelompok sebaya untuk menggunakan narkoba atau hal berbahaya lainnya.

Dukung kegiatan anak yang sehat dan kreatif

Membuat kesepakatan bersama tentang norma dan peraturan yang berlaku di dalam keluarga kita.

Ini yang harus dilakukan saat anak sudah terjerat narkoba :

Berusahalah tenang. Kendalikan emosi, marah, tersinggung atau rasa bersalah yang tidak ada gunanya.

Jangan tunda masalah. Hadapi kenyataan dan adakan dialog terbuka dengan anak dengan sikap tenang. Namun, jangan adakan dialog saat dia masih berada dalam pengaruh narkoba.

Dengarkan anak dan beri dorongan non verbal kepadanya. Jangan rendahkan harga dirinya, buat agar dia merasa aman dan nyaman berbicara dengan Anda.

Jika dia mau mengakui perbuatannya, hargailah kejujurannya.

Jika ternyata kita berperan dan menyebabkan anak terperosok, kita perlu mengakui kelemahan dan kesalahan sendiri. Berusahalah bersikap jujur dan terbuka.

Jangan membela diri atau merasa diri benar, cobalah saling memaafkan untuk sikap, kata-kata atau perbuatan di masa lalu yang menyebabkan semua ini terjadi.

Mintalah bantuan pihak ketiga jika merasa tidak sanggup.

Cari pertolongan tenaga profesi, pusat pengobatan, atau rehabilitasi.

Tingkatkan hubungan antar anggota keluarga dengan lebih baik lagi. Selesaikan konflik pribadi yang ada, rencanakan rekreasi dengan anak atau anggota keluarga lain.

Bangun kehidupan berdisiplin dan jauhkan anak dari lingkungan dimana narkoba digunakan.

Kunjungi orangtua teman anak yang menggunakan narkoba pada waktu yang tepat. Ungkapan apa yang kita ketahui dengan hati-hati dan bijaksana dan ajaklah bekerja sama untuk menghadapi masalah ini.

Belum terlambat untuk segala sesuatu jika kita mau berusaha. Narkoba tidak dapat menjerat kita jika kita mulai bangkit dan berusaha terus. Jangan pernah berhenti berusaha.

Sumber : bnn.go.id by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami