Selain Jakarta, 4 Kota Ini Diprediksi Tenggelam

Nasional / 26 January 2013

Kalangan Sendiri

Selain Jakarta, 4 Kota Ini Diprediksi Tenggelam

daniel.tanamal Official Writer
3429

Jakarta tenggelam? Itulah beberapa wacana, pertanyaan sekaligus pernyataan bahwa ibukota negara Indonesia ini berpotensi tenggelam akibat pengelolaan kota yang sangat buruk terhadap peresapan dan aliran air sehingga menimbulkan banjir. Buktinya pada awal 2013 ini Jakarta sudah dilanda banjir yang begitu meluas.

Menilik data 40 persen wilayah Jakarta berada di bawah permukaan laut, prediksi ibukota ini akan tenggelam sah-sah saja, ditambah setiap tahunnya permukaan tanah di Jakarta turun antara 10-20 centimeter dan ledakan jumlah penduduk yang terus meningkat. Jakarta akan tenggelam jika tidak ada pembenahan dan perubahan dari semua pihak baik pemerintah dan masyarakatnya.

Namun apakah Jakarta saja yang diprediksi tenggelam? Empat kota dibawah ini juga punya nasib yang sama dengan Jakarta.

Bangkok

Efek rumah kaca, naiknya permukaan air laut, erosi pantai, dan pergeseran tanah adalah hal utama dari sekian banyak alasan yang menjadi penyebab mengapa ibukota Thailand ini diprediksi tenggelam. Dengan letak kota yang berada 1,5 meter di bawah permukaan laut, Bangkok yang namanya punya arti kecil “Kota di tepi sungai” ini selalu banjir setiap tahunnya.

Ho Chi Minh City

Ibukota Vietnam dengan nama lain Saigon ini juga sering diterpa banjir tiap tahun yang mengakibatkan korban jiwa. Tiap tahunnya ketinggian banjir terpantau meninggi setinggi 2 sentimeter. Dalam dua dekade terakhir terjadi peningkatan temperatur cuaca, curah hujan dan bencana banjir, hasil kontribusi dari urbanisasi yang diprogramkan pemerintah. Jakarta kemungkinan juga akan bebas dari banjir jika warganya mau taat kepada pemeritah daerah untuk direlokasi dari daerah aliran air.

Shanghai

Sebuah kajian global menunjukan bahwa kota ini merupakan kota yang mempunyai resiko paling tinggi dilanda bencana banjir yang cukup serius. Salah satunya adalah struktur tanah yang semula daerah rawa yang kemudian dipenuhi oleh bangunan pencakar langit, menyebabkan permukaan tanah Shanghai menurun setengah inchi setiap tahunnya.

Mumbai

Pada tahun 2008, Kelompok aktivis Greenpeace memperkirakan, pada tahun 2100, kota Mumbai akan tenggelam oleh air laut. Naiknya air laut hingga 5 meter disebabkan oleh mencairnya es kutub akibat meningkatnya suhu bumi hingga 4-5 derajat karena pemanasan global.

 

 


Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami