Jelang Purnama: Jakarta Hanya Akan Tergenang

Nasional / 25 January 2013

Kalangan Sendiri

Jelang Purnama: Jakarta Hanya Akan Tergenang

Zee Official Writer
2576

Berita yang menyebutkan Jakarta akan tenggelam pada tanggal 27 Januari karena tingginya curah hujan dan rob air laut dibantah oleh Andi Arief, Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana, yang menyebutkan bahwa Jakarta hanya akan tergenang dan tidak tenggelam.

“Daerah yang tergenang adalah daerah Jakarta baguan utara yang mengalami penurunan tanah sebanyak 1 sampai 2 meter dpl (di atas permukaan laut). Tidak akan tenggelam, hanya tergenang,” kata Andi Arief di Jakarta, Kamis, 24 Januari 2013.

Andi juga menambahkan bahwa daerah Jakarta yang tingginya lebih dari 5 meter dpl tidak akan terpengaruh. Air sungai yang berbalik akibat air pasang akan tetap selalu mengalir ke daerah yang lebih rendah. Hal ini berarti daerah utara Jakarta. Ia menyebutkan bahwa akan ada air pasang selama 12 jam di teluk Jakarta, dan air surut selama 12 jam.

“Apabila air luapan dari hulu sungai terhalang oleh air pasang selama 12 ja, setelah 12 jam, air akan surut dan mengalirkan air luapan dari hulu,” kata Andi.

Antisipasi dapat dilakukan oleh warga di sekitar Kanal Banjir Barat atau Cengkareng Drain dengan berperan aktif membantu Dinas Pekerjaan Umum untuk melaporkan apabila perubahan terjadi pada turap beton dinding Kanal, serta bersama-sama bekerja keras membersihkan saluran air.

Andi menuturkan, “Penurunan atau kerusakan turap akan menyebabkan runtuhnya kanal breaching dan menyebabkan banjir di pemukiman. Mari kita hadapi semua ini dengan empati, solidaritas, dan gotong royong,”

Masyarakat boleh sedikit tenang karena berita bahwa Jakarta akan tenggelam nampaknya hanyalah hoax belaka. Namun bukan berarti masyarakat dapat bersantai-santai karena pada tanggal 27 Januari nanti, bulan purnama akan memancing pasang laut untuk naik, oleh karena itu dimohon mulai sekarang masyarakat, terutama yang menempati daerah Jakarta Utara, bisa mulai mengantisipasi banjir dengan mulai membersihkan saluran air dan sampah-sampah yang mengganggu sistem aliran air


Baca juga artikel lainnya:

Kisah Nyata Ade, Wanita yang Gunakan Susuk Untuk Tampil Pede

Megan Fox, "Saya Percaya Bahasa Roh dan Melihat Banyak Kesembuhan Terjadi"

Ini Para Artis yang Bantu Korban Banjir

Sumber : kompas.com / Zee
Halaman :
1

Ikuti Kami