4 Tahapan Berhasilnya Redenominasi Versi BI

Nasional / 25 January 2013

Kalangan Sendiri

4 Tahapan Berhasilnya Redenominasi Versi BI

Lois Official Writer
3191

Bank Indonesia (BI) mengemukakan empat faktor utama yang dapat menjadi penentu keberhasilan penyerderhanaan nilai mata aung rupiah (redenominasi). Keempat faktor tersebut disimpulkan dari berbagai negara yang berhasil melakukan redenominasi tersebut. “Negara-negara yang sukses melakukan redenominasi adalah Turki, Rumania, dan Polandia,” kata Gubernur BI Darmin Nasution.

Jika semuanya berjalan lancar, diperkirakan redenominasi ini akan memerlukan waktu minimal 6 tahun. Syarat lancarnya redenominasi yang pertama adanya dukungan kuat dari seluruh lapisan masyarakat, termasuk pemerintah, parlemen, pelaku bisnis, dan lain-lainnya. Yang kedua, redenominasi harus dilakukan pada saat kondisi ekonomi dan sosial politik berjalan stabil.

Dalam 3 tahun terakhir, lanjutnya, perekonomian mampu bertumbuh stabil di atas 6 persen. Nilai tukar rupiah dapat dipertahankan untuk relatif stabil. Namun tentunya ada beberapa hal lainnya sehingga menyebabkan redenominasi tidak dapat dilaksanakan dengan cepat yaitu kondisi wilayah negara yang luas, budaya yang beragam, serta status ekonomi dan sosial yang bervariasi membuat proses redenominasi butuh waktu cukup panjang.

Ketiga, menurut Darmin, harus tersedia landasan hukum yang kuat sehingga harus dibuat Undang-Undang (UU). Pemerintah saat ini telah menyerahkan draf Rancangan Undang-Undang (RUU) Perubahan Harga Rupiah atau Redenominasi kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan telah masuk dalam Proposal Legislasi Nasional (Prolegnas) 2013. “Keempat, harus dilakukan kampanye publik dan edukasi yang intensif,” tegasnya.

Redenominasi sendiri sering membingungkan masyarakat Indonesia, mungkin karena langkah keempat belum dilaksanakan dengan baik. Untuk diketahui, redenominasi adalah menghilangkan banyaknya nol dalam rupiah tanpa mengurangi nilai mata uang Indonesia ini. Contohnya, jika sebelumnya harga rumah Rp 100.000.000, jika diredenominasi maka harga rumah menjadi Rp 100.000. Semoga masyarakat tidak bingung dan tidak disesatkan akibat redenominasi ini.

 

Baca juga :

Mari Bergabung dan Ciptakan Lagu Positif di Jawaban.com

Celana yang Cocok untuk Bentuk Tubuh yang Berbeda

Cara Buat Ayam Bakar Kalasan Super Enak

Forum : Met Tahun Baru n Met Gabung Buat JCers Januari 2013

Sumber : beritasatu by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami