Muntaber? Ini Pertolongan Pertama yang Harus Dilakukan

Muntaber? Ini Pertolongan Pertama yang Harus Dilakukan

Lois Official Writer
25035

Banjir dapat menyebabkan muntaber. Namun jangan kuatir, tubuh yang terserang muntaber itu dapat diatasi dengan pertolongan pertama yang amat sederhana. Pertolongan pertama tersebut bahkan dapat dilakukan siapa saja dengan bahan-bahan yang tersedia di rumah.

Jika melihat hal itu terjadi, anggota keluarga terlibat mengalami gejala muntaber, segeralah bertindak cepat. Caranya adalah larutkan 1 sendok teh gula pasir (4 gram) dan 1 ujung sendok teh garam dapur (1 gram) ke dalam satu gelas air masak (200cc). Minumkan larutan tersebut sebanyak 2 sampai 3 gelas. Setelah itu, setiap kali penderita mencret atau muntah, berikan satu gelas lagi.

Jika pertolongan pertama ini sudah dilakukan, langsung bawa penderita ke rumah sakit terdekat. Cara sederhana tersebut harus segera dilakukan agar penderita dapat terhindar dari dehidrasi. Pencegahan secara tuntas muntaber ini dapat dilakukan dengan memperbaiki lingkungan sekitar dan kondisi air minum yang diminum.

Banjir memang dapat mendatangkan berbagai macam penyakit, yang terutama ketidaknyamanan dan ketidakseimbangan kesehatan di dalam tubuh kita. Namun, kita harus melawan dan jangan biarkan banjir merajalela. Mulailah dengan membuang sampah pada tempatnya, membersihkan got yang tersumbat, gotong royong, dan mungkin juga membuat saluran pembuangan yang lebih baik dan lebih dalam agar banjir tidak lagi datang.

 

Sumber : balipost by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami