3 Hal Penting Saat Memilih Investasi  Emas

3 Hal Penting Saat Memilih Investasi Emas

Puji Astuti Official Writer
5929

Emas masih menjadi primadona sebagai sarana investasi yang relatif aman, salah satu faktornya adalah karena logam mulia ini relatif tidak terpengaruh dengan tingkat inflasi. Namun berinvestasi pada logam mulia emas juga harus memperhatikan beberapa hal.

1. Tentukan terlebih dahulu apa yang menjadi tujuan Anda membeli emas
Emas yang umum di jual saat ini ada beberapa jenis : emas batangan, emas perhiasan dan juga jenis emas putih. Jika tujuan Anda adalah investasi maka yang paling tepat adalah emas batangan atau emas dalam bentuk koin. Karena jika Anda memilih emas perhiasan maka saat Anda menjualnya akan terkena potongan yang cukup besar untuk beberapa biaya seperti biaya pembuatan dan juga perbaikan.

2. Pantau harga emas saat ini
Harga emas sama seperti komoditas yang lain, mengalami naik turun. Untuk itu saat akan membeli emas, Anda harus memeriksa harga emas di pasaran, salah satu situs yang bisa dijadikan panduan adalah logammulia.com, dan pegadaian.co.id. Seperti jenis investasi yang lain, belilah emas saat harga turun dan jual saat harga naik.

3. Membeli emas
Membeli emas saat ini bisa dilakukan dengan beberapa cara, mulai dari dengan membeli tunai dalam bentuk fisik, membeli secara online dan barang dikirim, membeli emas dalam bentuk surat-surat berharga, dan juga membeli emas dengan cara kredit. Semua itu bisa menjadi pilihan dan perlu dipertimbangkan plus dan minus-nya.

Membeli emas secara kredit menjadi pilihan yang menarik saat kemampuan untuk investasi terbatas. Namun tetap harus dipertimbangkan dengan baik dan memilih besaran kredit yang sesuai dengan kemampuan Anda. Selain itu pertimbangkan pula antara bunga kredit yang harus dibayar dengan nilai peningkatan harga emas. Jangan sampai upaya Anda untuk berinvestasi malah berakhir pada merugi.

Baca juga artikel lainnya :

Mari Bergabung dan Ciptakan Lagu Positif di Jawaban.com

Celana yang Cocok untuk Bentuk Tubuh yang Berbeda

Cara Buat Ayam Bakar Kalasan Super Enak

Forum : Met Tahun Baru n Met Gabung Buat JCers Januari 2013

Sumber : Berbagai sumber | Puji Astuti

Ikuti Kami