Jokowi Setuju Pindah Ibu Kota

Nasional / 21 January 2013

Kalangan Sendiri

Jokowi Setuju Pindah Ibu Kota

Zee Official Writer
3600

Banjir yang melanda Jakarta beberapa lama ini membuat Jokowi angkat suara mengenai rencana pemindahan ibu kota yang dikemukakan oleh ketua MPR Taufiq Kiemas. Beliau menyatakan setuju atas rencana tersebut apabila Jakarta terus menerus banjir seperti ini.

Saat ditemui di di Gedung MPR RI, Jakarta, Senin, 21 Januari 2013 lalu, Jokowi mengungkapkan bahwa apabila sudah tidak ada jalan lain untuk mengatasi banjir Jakarta, ia setuju dengan usul Bapak Ketua MPR untuk memindahkan ibu kota.

“Kalau memang sudah kita mentok dan kesulitan untuk mengatasi banjir Jakarta, tidak ada jalan lain. Ya, saya sangat setuju dengan Bapak Ketua MPR untuk dipindah," kata Jokowi.

Ketua MPR Taufiq Kiemas telah mengungkapkan sebelumnya bahwa ia sudah tidak bisa optimis dalam penanganan masalah-masalah yang terjadi di Jakarta. Ia berpendapat bahwa masalah-masalah tersebut harus diselesaikan dengan langkah-langkah yang lebih strategis dan mendasar, salah satunya adalah dengan memindahkan ibu kota ke daerah lain.

Banjir, kemacetan, dan kejahatan merupakan contoh dari daftar panjang masalah yang ada di Jakarta, oleh karena itu Taufiq mengusulkan untuk memindahkan ibu kota ke daerah yang lebih memenuhi syarat secara geografis, geopolitik, dan sosioekonomis.

“Salah satu daerah yang pernah ditawarkan untuk menggantikan DKI Jakarta sebagai ibu kota negara oleh presiden pertama RI Bung Karno adalah di Palangkaraya, Kalimantan Tengah,” kata Taufiq.

Wacana pemindahan ibu kota telah menjadi bahan perbincangan selama beberapa waktu. Banjir yang hingga sekarang masih juga belum surut membuat kondisi Jakarta makin terpuruk. Namun apabila pemerintah benar-benar serius hendak memindahkan ibu kota negara. Alangkah baiknya jajak pendapat segera dimulai melihat kondisi Jakarta yang nampaknya kian memburuk.


Baca juga artikel lainnya:

Dana Bantuan Banjir Sebesar Rp 2 Triliun


GBI Turunkan Relawan Tolong Pengungsi Banjir di Penjaringan

Ternyata Berita Negatif Di Media Massa Picu Stres

Sumber : kompas.com / Zee
Halaman :
1

Ikuti Kami