Hikmah di Balik Banjir Jakarta

Nasional / 17 January 2013

Kalangan Sendiri

Hikmah di Balik Banjir Jakarta

Lois Official Writer
3571

Banjir dimana-mana membuat resah masyarakat bahkan pada pedagang. Mereka semua takut banjir akan masuk ke dalam rumah ataupun toko dan menyebabkan kerugian. Belum lagi kerugian lainnya seperti penyakit, aktivitas yang terganggu, dan masih banyak lainnya. Namun, ternyata ada juga hikmah di balik banjir yang melanda ibukota Indonesia ini, yaitu :

Wisata di Kampung Melayu Besar

Banir yang mencapai ketinggian pinggang orang dewasa pada titik tertinggi di Jalan KH. Abdulah Syafi, Kampung Melayu Besar, Bukit DUri, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan ini membuat warga berwisata air. Anak-anak bermain air di ruas jalan yang lumpuh total tertutup air banjir, bahkan ratusan orangtua yang mengajak anaknya bermain air. Bocah-bocah tampak bersukacita bermain air ditemani para orangtua. Mereka seolah tak memikirkan resiko terkena penyakit seperti gatal-gatal atau penyakit kulit lainnya. Sejumlah pengendara motor juga memanfaatkan air untuk mencuci kendaraan mereka.

Bendung Katulampa Dijadikan Tempat Wisata

Masyarakat yang penasaran ingin melihat tingginya air di Bendung Katulampa, Bogor pun mendatangi dan mengawasi naik turunnya air. Selain itu, mereka juga foto-foto seperti tengah berwisata. “Sebelumnya cuma lihat di televisi. Makanya pas Ciliwung banjir, saya ke sini,” kata Winda, salah satu ‘turis’ yang datang. Kini Katulampa siaga III, karena air sudah semakin menurun.

Banjir Membuat Rejeki Dadakan Bagi Beberapa Orang

Banjir di wilayah Penjaringan, Jakarta Utara misalnya dijadikan kesempatan bagi sejumlah orang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Syamsudin (59) misalnya, penarik becak ini bisa meraup ratusan ribu saat banjir. Sekali jalan dia dibayar hingga Rp 50 ribu untuk mengantar orang mencapai tujuan di kawasan yang digenangi air. “Kalau nggak banjir dibayar Rp 5 ribu, paling mahal Rp 10 ribu,” katanya. Jadi bisa diketahui, betapa besar keuntungan yang dia raup dari hal ini.

Selain itu, banjir juga membuat kita berpikir untuk memperbaiki kondisi lingkungan Jakarta yang sudah rusak parah. Banjir membuat kita lebih bersatu dan bergotong royong dalam menghadapi kesulitan dan toleransi lebih tinggi.

 

Baca juga :

3 Hal yang Dibenci Allah

Mari Bergabung dan Ciptakan Lagu Positif di Jawaban.com

Celana yang Cocok untuk Bentuk Tubuh yang Berbeda

Jujur Aja Deh

Resep Sangsang, Masakan Khas Batak

Forum : Met Tahun Baru n Met Gabung Buat JCers Januari 2013

Sumber : berbagai sumber by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami