Pasca Gereja Terbangun, Mata Arsitek Ini Dibutakan Raja

Internasional / 16 January 2013

Kalangan Sendiri

Pasca Gereja Terbangun, Mata Arsitek Ini Dibutakan Raja

Budhi Marpaung Official Writer
4618

Gereja Katedral Santo Basil yang didirikan di kompleks Lapangan Merah, Moskwa, Rusia, pada 1555-1561 menyimpan sebuah mitos yang hingga kini masih menjadi perdebatan di kalangan masyarakat Rusia.

Di kabarkan, Raja Rusia masa itu, Ivan the Terrible, membutakan mata sang arsitek setelah gereja ini terbangun. Adapun alasan sang penguasa negeri adalah supaya si perancang gedung tidak membuat bangunan lain yang lebih indah dari gereja yang dibuatnya saat itu.

Namun, menurut sejarah yang ada, seabad dan empat tahun setelah kematian Ivan, sang arsitek kembali menambahkan beberapa bangunan lagi di gereja ini. Hal itu kemudian membuktikan bahwa kabar dia dibutakan oleh Ivan hanyalah isapan jempol.

Sebagai informasi, Katedral Santo Basil adalah gereja yang mempunyai banyak kubah berbentuk bawang. Meski begitu, bangunannya tidaklah begitu besar. Seperti dilansir okezone, terdapat sembilan kapel yang dibangun dengan fondasi tunggal di sana.

Karena kekhasan bangunannya, UNESCO beberapa waktu lalu menjadikan Gereja Katedral Santo Basil sebagai Situs Warisan Dunia.

Baca juga : 

Kisah Nyata Suami yang Senang Menyakiti Hati Istrinya

Forum JC : Ide Untuk Pertemuan JCers Berikutnya

Alasan Menaati Allah   

Move, Album Third Day yang Benar-Benar Nge-Blues

3 Tips Hadapi Putus Cinta Secara Kristiani

Panggilan Darurat 

Solusi Sehat Pasca Menderita Tifus

Sumber : okezone.com/budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami