Pengendali Mata Gaze Gantikan Mouse

Entertainment / 13 January 2013

Kalangan Sendiri

Pengendali Mata Gaze Gantikan Mouse

daniel.tanamal Official Writer
2932

Perkembangan teknologi semakin mempermudah manusia dalam proses penggunaan piranti lunak tersebut. Kini melalui sebuah alat yang dikembangkan oleh perusahaan Tobii Gaze, gerakan mata kita akan menggantikan fungsi fungsi pointer pada tetikus atau mouse.

Alat yang bernama Tobii’s eye tracking ini dapat mengintegrasi gerakan mata menjadi perintah pada pointer dilayar computer. Dalam sebuah video demo berdurasi 1,26 menit, seseorang memperagakan pointer mata di sistem operasi Windows 8 komputer.

Menggunakan kamera sebai sensor, cara ini memberi kita pengalaman gerak bebas menjalankan pointer hanya dengan gerakan mata, dan berkedip dalam durasi tertentu untuk fungsi klik. Tobii Gaze menjelaskan bahwa pengguna hanya fokus pada apa yang dilihat, dan kinerja komputer atau gadget akan mengikuti perintah sederhana ini.

Seperti poiter pada tetikus, dengan menggunakan metode ini, akan ada dua titik sebagai sistem kalibrasi mata pada layar. Hal ini yang kemudian akan menjadi sistem navigasi pengguna dalam memberi perintah tertentu, termasuk untuk bermain game.

Perpaduan layar sentuh Windows 8 dan ‘Gaze’ akan memudahkan pengguna dalam mengoperasikan layar sentuh. Perangkat ini bekerja dengan alat serupa webcam yang dipasang di PC melalui USB. "Sekali menggunakan Tobii Gaze, anda akan merasa laptop menjadi sangat kuno," ungkap CEO Tobii, Henrik Eskilsson.

 

 

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami