Atasi Demam Dengan Pertolongan Pertama Ini

Atasi Demam Dengan Pertolongan Pertama Ini

Budhi Marpaung Official Writer
76370

Musim hujan di Indonesia masih terus bergulir hingga beberapa bulan mendatang. Tidak heran sejumlah penyakit pun banyak diderita orang-orang. Diantara banyak penyakit yang dimaksudkan, satu yang cukup banyak dialami adalah demam.

Supaya tidak semakin lama diderita, berikut adalah pertolongan pertama yang bisa dilakukan untuk meringankan kondisi Anda atau mungkin juga anggota keluarga Anda yang sedang mengalami demam.

- Minum air putih sebanyak-banyaknya sangat membantu menurunkan temperatur tubuh, sekaligus menggantikan cairan yang keluar dari tubuh.

- Jaga agar temperatur ruangan tempat keluarga Anda terjaga dengan baik. Hindari perubahan cuaca yang terlalu cepat. Upayakan untuk selalu berada di ruangan yang sejuk dan beristirahat sebanyak mungkin.

- Jangan gunakan aspirin untuk menurunkan demam, terutama pada anak-anak. Alternatif yang cukup baik lainnya adalah mengompres dan merendamnya di bak berair dingin.

- Jangan mengonsumsi suplemen yang mengandung zat besi dan zinc selama demam. Zat besi membuat tensi meningkat, sedang zinc tidak bisa diserap tubuh selama demam.

- Pilihlah makanan yang lembek atau empuk. Pilihlah makanan yang sudah dikukus, sup, madu, dan yoghurt. Upayakan menyertakan buah segar dan jus saat jam makan untuk si sakit. Untuk menurunkan penyebab  demam,  minum susu 2-3 gelas sehari.

- Minum perasan lemon yang dicampur air hangat. Berikan setiap 2-3 jam sekali.

- Jangan terlalu memaksakan diri untuk menyelimuti tubuh Anda. Jika kebetulan Anda menggigil dan merasa kedinginan, berselimut mungkin akan membuat tubuh lebih nyaman. Tapi begitu suhu tubuh mulai menurun, lebih baik singkirkan selimut yang menutupi tubuh dan biarkan kulit bernapas dengan leluasa. Berselimut sama sekali tidak akan menurunkan demam secepat yang Anda pikirkan.

- Saat panas meninggi, Anda bisa mengompreskan air hangat pada bagian dahi, leher, ketiak, dada. Gantilah kain kompresan sebelum mengering.

Jangan pernah anggap remeh demam atau penyakit yang biasa diderita manusia. Segeralah untuk mengatasinya karena itu lebih baik daripada diam tidak melakukan apa-apa.

Baca juga : 

Kisah Nyata Anak Tertolak yang Menemukan Kasih Tuhan

Langit dan Bumi Baru (Part 2)

7 Cara Unik Atasi Flu

Forum JC : Ide Untuk Pertemuan JCers Berikutnya

Kisah Wanita dan 25 Orang Penolongnya

Sumber : tabloidbintang.com / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami