Kim Jong-Un : Perselisihan Hanya Menghasilkan Peperangan

Nasional / 1 January 2013

Kalangan Sendiri

Kim Jong-Un : Perselisihan Hanya Menghasilkan Peperangan

daniel.tanamal Official Writer
2478

Dalam sebuah pidatonya menyambut tahun baru 2013, pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un, Selasa (1/1/2013) menyerukan untuk mengurangi ketegangan dengan Korea Selatan. Dirinya mengingatkan bahwa sejak dahulu sikap perselisihan hanya menghasilkan peperangan.

"Sebuah isu penting untuk mengakhiri pemisahan negara dan mencapai reunifikasi adalah dengan menghilangkan konfrontasi antara Utara dan Selatan. Catatan masa lalu terkait hubungan antar-Korea menunjukkan bahwa perselisihan di antara saudara sebangsa tak menghasilkan apapun kecuali peperangan," katanya.

Selain seruan tersebut, Kim Jong-Un juga menyerukan perubahan radikal dalam pengelolaan perekonomian negara. Pesan ini keluar hanya beberapa pekan setelah Park Geun-hye terpilih menjadi Presiden Korea Selatan, dan hampir bersamaan dengan rencana Dewan Keamanan PBB untuk menghukum Korea Utara pasca-peluncuran roket jarak jauh belum lama ini.

"Mari kita mengubah haluan demi membangun sebuah perekonomian raksasa dengan semangat yang sama seperti kita perlihatkan saat menaklukkan luar angkasa! Ini adalah slogan perjuangan partai dan rakyat yang harus kita laksanakan tahun ini," tegasnya.

Usai mengambil kendali negara setelah kematian ayahnya Kim Jong-Il pada 17 Desember 2011 lalu, Jong-Un tampil dengan beberapa perubahan baru. Barat pun sempat berharap agar cucu dari bapak bangsa Korea Utara, Kim Il-Sung mau membuka hubungan dengan dunia luar dan menghentikan segala rencana mengenai hulu ledak nuklirnya.

 

 

 

 

Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami