Tahun 2013 Datang, Ini Makanan yang Wajib Dimakan

Entertainment / 1 January 2013

Kalangan Sendiri

Tahun 2013 Datang, Ini Makanan yang Wajib Dimakan

Lois Official Writer
3772

Masyarakat Indonesia percaya bahwa yang namanya angka 13 ataupun 4 merupakan angka jelek yang harus dihindari. Selain itu juga percaya pada ramalan, keberuntungan, maupun hal-hal mistis yang dapat mempengaruhi keberuntungan kita di tahun yang baru ini. Beberapa makanan ini memang dikabarkan membawa keberuntungan, kesejahteraan, kemakmuran, dan kesuburan, namun di sisi lain bukan itu yang penting. Makanan-makanan ini menyehatkan tubuh dan menciptakan suasana berbeda saat dimakan di tahun baru, yaitu :

Mie

Sebagian negara Asia termasuk Indonesia menganggap mie sebagai simbol panjang umur. Makanya mie wajib dimakan saat ulang tahun ataupun tahun baru. Yang unik dari makan mie di perayaan seperti ini adalah jangan sampai mie putus sebelum masuk ke mulut. Karena itu, saat mie dimakan bersama orang-orang terkasih, bisa sambil menciptakan permainan yang seru. Misalnya saja, berlomba siapa yang paling panjang mienya dan dapat masuk ke mulut tanpa terputus. Seru dilakukan di tahun baru, bukan?

Kacang Lentil

Lentil atau miju-miju biasanya dimakan saat tahun baru di Italia, Brazil, Amerika Serikat bagian selatan dan Jepang agar mendapat kemakmuran. Hal ini dikarenakan bentuknya yang bundar seperti koin. Namun kacang lentil banyak mengandung serat hingga 15,6 per cangkirnya juga mengandung protein, vitamin B, zat besi, dan mineral. Tentu bagus bisa makan kacang ini di tahun baru maupun di hari lainnya karena menyehatkan tubuh. Selain itu, pencernaan pasti lancar dan segala urusan pun bisa lancar jika tubuh sehat sehingga kemakmuran bisa saja menghampiri.

Kacang Tunggak

Kacang ini juga dikenal dengan nama kacang tolo, kacang beras, kacang dadap, atau black eyed peas. Orang Amerika Serikat bagian selatan menganggap kacang ini membawa kesejahteraan terutama jika disajikan bersama sawi hijau. Namun, di balik mitos itu, kacang ini mempunyai nilai nutrisi yang tinggi. Kacang ini merupakan sumber kalsium, asam folat, dan vitamin A.

Kubis

Di Jerman, Irlandia, Denmark dan sebagian Amerika sering mengkaitkan kol dengan nasib baik karena warnanya hijau (seperti hijaunya mata uang Amerika) dan berlembar-lembar seperti uang. Banyak orang percaya bahwa semakin banyak makan sayuran hijau di tahun baru, semakin besar keberuntungan yang dia dapat di tahun depan. Satu hal yang pasti, jika seseorang memakan sayuran hijau yang memang baik untuk tubuh, bisa jadi dia dapatkan keberuntungan karena tubuh yang sehat dapat melakukan banyak perkara yang hebat.

Delima Merah

Memakan delima merah (pomenate) saat tahun baru akan membawa kekayaan dan kesuburan, setidaknya inilah yang dipercayai masyarakat Turki dan negara-negara Mediterania. Delima sesungguhnya memang dapat membawa kesuburan karena di dalam bijinya banyak terkandung senyawa folifenol, senyawa dengan antioksidan tinggi.

Babi Panggang

Cara babi berjalan yang selalu maju ke depan menjadi simbol kemajuan bagi orang Kuba, Spanyol, Portugal, Hungaria, dan Austria. Biasa babi yang disantap adalah babi yang masih menyusui. Selain itu di Italia dan Amerika Serikat mempercayai bahwa babi yang kaya lemak menandakan kekayaan. Tentu babi menandakan kekayaan karena daging babi mahal dan juga memang banyak dagingnya. Namun, ingatlah itu semua hanya mitos.

Ikan

Berbagai jenis ikan dan makanan laut banyak yang dianggap sebagai pembawa keberuntungan. Misalnya ikan cod di Denmark dan Italia, herring di Polandia dan Jerman, ikan kerapu di Jerman, dan salad seafood di Swedia. Bagaimanapun juga, memang banyak keuntungan yang kita dapatkan saat mengkonsumsi ikan, terutama ditinjau dari sisi kesehatan.

Kue

Di Meksiko, Yunani, Swedia, dan Norwegia ada tradisi untuk menyelipkan benda kecil seperti koin dan almond utuh ke dalam kue. Orang yang mendapatkannya dipercaya akan bernasib baik di tahun berikutnya. Kue merupakan penganan yang lezat yang dapat kita konsumsi.

Di balik mitos-mitos yang ada, makanan ini memang enak dikonsumsi. Karena itu, jangan hanya terpatok pada mitos tapi pada suasana Tahun Baru yang dapat kita ciptakan. Selamat tahun baru!!!

Sumber : berbagai sumber by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami