Tips Sehat Bagi yang Hendak Mudik Jauh

Tips Sehat Bagi yang Hendak Mudik Jauh

Budhi Marpaung Official Writer
3715

Kegiatan pulang kampung atau lebih dikenal dengan nama mudik merupakan kegiatan rutin tahunan masyarakat yang berada di perkotaan. Mau beragama Kristen maupun islam, setiap hari besar keagamaan tiba seperti natal atau pun idul fitri, mereka pasti mengunjungi tempat asal mereka atau orang tua mereka dilahirkan dan dibesarkan.

Acara berkumpul bersama keluarga dan keluarga besar adalah momen yang tidak boleh dilewatkan.

Terkait dengan hal ini maka menjadi kesehatan menjadi sebuah hal yang penting di kala mudik nanti. Anda tentu tidak mau di saat sedang dalam perjalanan, Anda tiba-tiba mengalami sakit berat.

Oleh sebab itu, Jawaban.com memberikan beberapa tips sehat kepada Anda yang hendak mudik jauh :

1. Berolahragalah. Walau sudah banyak suplemen makanan atau pun vitamin yang bisa menguatkan tubuh, tetapi melakukan aktivitas olahraga adalah tindakan yang dapat memberikan stamina ekstra kepada diri Anda. Dengan hal ini, peluang Anda untuk jatuh sakit sangatlah kecil.

2.Konsumsilah makanan-makanan bergizi. Jangan pernah remehkan sakit seperti panas dalam atau pun flu. Sekecil pun sakit yang Anda alami, tetap saja ini akan mempengaruhi kondisi fisik Anda. Oleh sebab itu, langkah terbaik selanjutnya agar Anda terhindar dari penyakit adalah dengan mengonsumsi makanana-makanan bergizi. Mengapa harus bergizi ? Karena yang bergizi sudah pasti dibutuhkan oleh tubuh, tidak mungkin tidak.

3. Istirahat yang cukup. Sebelum maupun saat bepergian jauh baik menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum, jangan lupa untuk beristirahat yang cukup. Kekurangan tidur dapat membuat ketidaknyaman di dalam diri Anda dan bila sudah begini mudik yang harusnya penuh kebahagiaan bisa hancur seketika.

4. Bawalah obat-obatan pribadi. Sebisa mungkin taruhlah obat-obatan pribadi Anda di tempat yang mudah dijangkau oleh Anda. Walau pun Anda merasa hari itu Anda sehat, bukan berarti Anda ke depannya tidak berurusan dengan sakit. Bisa jadi orang di dekat Anda menjadi sakit dan karena Anda sudah mempersiapkan ini dari awal, Anda pun dapat membantunya untuk sembuh.

5. Bawalah barang seperlunya. Ingatlah Anda mudik bukan untuk tinggal selamanya di kampung atau desa Anda, melainkan hanya dalam kurun waktu sementara. Adalah pilihan yang bijak bila Anda membawa barang seperlunya saja. Tas dalam jumlah sedikit sama dengan Anda sedang memberi beban kepada diri Anda sedikit pula dan ini tentunya akan menghindarkan Anda dari penyakit-penyakit yang berpotensi terjadi karena mengangkat beban terlalu banyak atau besar.

Semoga apa yang disampaikan diatas dapat memberi manfaat bagi Anda sekalian. Akhir tulisan, selamat mempraktikan, Tuhan Yesus memberkati.

Baca juga : 

Overcome

Forum JC : Dokumentasi Kopdar + Photo Hunting

Ikutilah Teladanku

Sumber : Jawaban.Com / bm

Ikuti Kami