Cek Kesehatan Hati, Jangan Tertipu Tampilan Segar

Cek Kesehatan Hati, Jangan Tertipu Tampilan Segar

Lois Official Writer
6680

Baru beberapa hari yang lalu kita memperingati Hari Hepatitis. Hepatitis adalah penyakit hati yang disebabkan oleh adanya virus selama menahun. Pada sebagian kecil kasus hepatitis dapat berlanjut menjadi sirosis hati atau kanker hati. Penyebab hepatitis tidak semata-mata karena virus. Penyebab lainnya bisa karena keracunan obat, paparan berbagai zat kimia seperti karbon tetraklorida, chlorpromazine, chloroform, arsen, fosfor, dan zat lain yang digunakan sebagai obat dalam industri modern.

Namanya penyakit hati, penyakit yang berada di dalam organ tubuh, maka secara umum penyakit ini tidak menampakkan gejala di luar.

Hepatitis A

Seringkali terkait dengan makanan dingin dan roti isi, buah dan sari buah, susu dan produk susu, sayuran, salad, kerang, dan minuman dengan es. Air, kerang, dan salad paling sering menjadi perantara virus ini. Seringkali juga kontaminasi makanan oleh pekerja pabrik pengolah makanan atau pekerja di rumah makan.

Hepatitis B

Pada umumnya mempunyai gejala nafsu makan berkurang, terganggunya pencernaan, selalu timbul rasa mual setiap kali perut diisi makanan, sering mengalami nyeri pada persendian. Gejala nyata adalah perubahan warna air kemih yang menjadi kemerahan. Ini berarti si penderita mengalami hepatitis B.

Hepatitis C

Hampir mirip dengan Hepatitis B, gejala hepatitis C seperti nafsu makan berkurang, sakit kepala, letih, nyeri otot atau nyeri sendi dan menurunnya berat badan. Penyakit ini lebih sering menyerang perempuan usia muda dibandingkan kelompok lain. Penularannya yang paling utama melalui penggunaan jarum suntik.

Menurut Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi, seperti dilansir suarakarya-online.com, pencegahan penularan penyakit hepatitis B dan C dapat dilakukan lewat imunisasi ketika masih bayi. Penyakit ini tidak memperlihatkan gejala khusus sehingga orang yang kelihatannya sehat bisa saja terserang.

Ingatlah, sebisa mungkin hindari penularan melalui air liur lewat makanan, penggunaan jarum suntik terutama yang bekas pakai, dan hidup sehat. Tidak hanya penampilan di luar tubuh yang sehat, namun di dalam tubuh pun sehat. Anda pun fit luar dan dalam.

 

Baca Juga :

Kisah Cinta Jeremy Camp Kepada Mellisa dan Tuhan

Ikutilah Teladanku

Tetap Positif Sikapi Perubahan Jobdesc yang Drastis

Sumber : gejalahepatitis-suarakarya by lois horiyanti/jawaban.com

Ikuti Kami