Menjadi Berguna Saat Mudik Tiba

Menjadi Berguna Saat Mudik Tiba

daniel.tanamal Official Writer
2544

Seringkali darah muda Anda selalu saja mengarahkan untuk melakukan hal-hal yang terkesan jahil dan berbahaya. Dalam situasi mudik, akan banyak ditemukan pemuda atau remaja yang nekat untuk ikut-ikutan untuk pergi tanpa persiapan yang cenderung nantinya menyusahkan orang lain. Padahal anda bisa menjadi berguna saat mudik tiba.

Masa muda anda penuh dengan kekuatan, daya jelajah dan daya tarik yang tinggi. Untuk itu tidak ada salahnya anda siap dua kali lebih baik dibanding dengan pemudik lainnya yang biasanya kurang persiapan dan menjadi penolong bagi mereka. Berikut beberapa tips untuk anda agar menjadi pribadi yang berguna di jalanan.

 1. Pengendara kendaraan bermotor

Ingatlah bahwa perjalanan menggunakan kendaraan bermotor (mobil dan motor) merupakan perjalanan yang penuh kewaspadaan. Apalagi dengan tingkat kecelakaan yang tinggi di Indonesia. Membuat anda harus ekstra waspada. Karena itu siapkan berbagai peralatan mekanik dan juga P3K. Kesiapan anda dalam bermudik bukan hanya akan menolong anda, tapi dapat membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan dijalan. Anda dapat membantu mereka yang kendaraannya mogok dijalan ataupun mengalami kecelakaan.

 2. Penumpang

Pilihan selain menggunakan kendaraan sendiri, adalah menjadi penumpang salah satu alat transportasi mudik, yaitu pesawat, kereta api dan bus antar kota. Sama seperti pengendara kendaraan bermotor, anda harus menyiapkan diri untuk hal-hal yang tidak diinginkan. Selalu siapkan uang tunai lebih, peta ataupun pulsa seluler yang cukup. Jaga selalu perilaku anda, karena yang akan menjadi penumpang bukan anda saja. Selalu sapa dan ajak komunikasi siapapun yang satu kendaraan dengan anda. Siapa tahu mereka sedang butuh konseling atau sekedar teman mengobrol, anda bisa menjadi penolong mereka.

Mudik akan selalu menyenangkan jika kita menjadi pribadi dengan pembawaan reaktif yang penuh dengan kepedulian. Selalu mau membantu siapapun yang membutuhkan pertolongan. Karena dari sikap kita, akan menyebar dan juga membangkitkan keinginan orang lain untuk menjadi penolong ataupun menjadi pemudik yang santun sama seperti yang kita lakukan.

 

 


Sumber : Jawaban.com - niel

Ikuti Kami