Menjadi Single yang Unggul dalam Hal Keuangan

Menjadi Single yang Unggul dalam Hal Keuangan

Lois Official Writer
5937

Gaya hidup harus disesuaikan dengan penghasilan. Sayangnya, demi penampilan banyak orang yang lebih mementingkan gaya hidup dan baru memikirkan akibatnya kemudian. Ketika masih sendirian, hal itu akan menyulitkan kita sendiri. Namun, ketika hal itu terus berlangsung sampai kita menikah, maka akan mengganggu keuangan keluarga kecil yang kita bangun. Sebelum terlambat, marilah kita mencoba membenahi diri kita sendiri.

Berbohong tentang pembelian

Berbohong di sini bukan hanya kepada orang lain seperti orangtua, pacar, atau mungkin teman. Tapi juga berbohong pada diri sendiri. Misalnya saja, ‘Oh, nggak apa-apa kok, kan aku belinya cuma sedikit.’

Setiap bulan sebelum gajian selalu kehabisan uang

Ciri-ciri seperti ini berlaku baik pria maupun wanita. Karena kurang matangnya pengelolaan uang sehingga menyebabkan setiap akhir bulan selalu deg-degan, alias ga sabar nunggu gajian.

Berpikir belanja sebagai hobi

Kita akan lebih mudah kehilangan kontrol kalau berpikir seperti ini, sama halnya kalau kita berpikir belanja dapat menghilangkan stres kita. Belanja hanyalah cara kita bertransaksi untuk suatu benda yang kita butuhkan dan harus kita beli.

Kebiasaan yang merusak hubungan

Kebiasaan belanja itu membuat kita pernah bertengkar dengan orangtua misalnya. Meskipun uang yang dipakai adalah uang kita sendiri, justru untuk itulah kita perlu berhati-hati dalam memakai uang, karena kita mengerti bagaimana susahnya cari uang. Hal ini tentu akan menguntungkan kita, karena nantinya ketika sudah menjalin hubungan yang serius dan ingin menikah, kita siap untuk menetapkan keuangan keluarga kecil yang kita bangun.

Dengan menghilangkan kebiasaan buruk kita dalam pengaturan keuangan yang salah, akan membuat kita makin bijak. Hal ini akan mempengaruhi setiap aspek dalam kehidupan kita. Misalnya saja, siapa tahu suatu hari nanti kita dipercayakan untuk memegang kepercayaan yang lebih besar lagi di dalam perusahaan karena melihat kita begitu bertanggung jawab dalam hal keuangan, dalam hal kecil.

Salah satu keuntungan dengan menjadi orang yang mampu mempertanggungjawabkan penggunaan uangnya secara benar dan baik adalah kita menjadi orang yang tahu prioritas dan cara pengelolaan yang baik. Hal itu memberikan banyak keuntungan buat kita dan pasangan hidup kita nantinya.

Gaya hidup yang kita inginkan tidak bergantung dari berapa banyak barang yang kita beli. Gaya hidup yang trendi namun menarik pun dapat kita ciptakan tanpa harus gali lubang, tutup lubang. Jadilah suatu pribadi yang dapat dipercayai dalam hal mengelola keuangan dan rasakanlah manfaat yang sesungguhnya.

Sumber : jawaban.com-mediaindonesia by lois horiyanti
Halaman :
1

Ikuti Kami