Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lois

Official Writer
5038


Saat pubertas terjadi pada masa remaja, khususnya bagi seorang gadis, tentu ada penyesuaian-penyesuaian yang harus dilakukan. Untuk memberikan keseimbangan pada tubuh, kita memerlukan asupan tertentu. Saat pubertas, gizi sangat penting diperlukan karena perubahan hormonal dalam tubuh seseorang. Makanan bernutrisi penting yang diperlukan selama masa pubertas, yaitu :

Kalsium

Kalsium pada anak gadis akan berkurang selama masa pubertas, karena itu asupan kalsium sangat dianjurkan untuk dikonsumsi agar di kemudian hari tidak ada masalah osteoporosis dini. Kalsium didapat dari susu rendah lemak, keju rendah lemak, sayuran hijau maupun yogurt.

Zat Besi

Zat besi diperlukan untuk menggantikan darah yang hilang selama menstruasi sehingga makanan-makanan seperti gandum, kacang, daging tanpa lemak, dan ikan perlu dikonsumsi. Namun, hindari makanan kalori tinggi selama pubertas karena ada kecenderungan menambah berat badan karena meningkatnya kadar hormon.

Protein

Selama pubertas pada anak perempuan, protein membangun otot dan jaringan tubuh lainnya. Pada masa pubertas, aktivitas yang dilakukan begitu banyak sehingga protein dari tahu, tempe, telur, ikan, daging, dan unggas sangat diperlukan.

Lemak

Lemak yang dimaksud adalah lemak sehat dengan jumlah yang benar. Lemak tak jenuh ini bisa didapat secara alami. Selain itu, juga bisa didapat dari ikan salmon, kacang-kacangan, dan minyak zaitun.

Berat yang seimbang

Hormon saat pubertas membuat lemak dialihkan pada daerah seperti payudara, pinggul, dan paha. Hal ini menyebabkan para gadis remaja berpikir dirinya gemuk sehingga banyak di antara mereka yang menjalankan diet ketat. Padahal, hal itu bisa membuat tubuh jadi tidak sehat. Selama pubertas, kebutuhan nutrisi tinggi tapi jangan terlalu banyak mengkonsumsi kalori.

Masa-masa pubertas dimana seseorang mengalami perubahan pada tubuh sehingga mempengaruhi emosi dan jiwa juga adalah masa penting dan harus diperhatikan. Makanan-makanan ini membantu kita selama masa pubertas dan masa-masa selanjutnya.

Sumber : okezone by lois horiyanti/jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Dendy Dendy 20 October 2017 - 15:58:33

Bagaimana membagi waktu jika kita masuk di 2 ekstr.. more..

0 Answer

Yohana Girsang 20 October 2017 - 11:38:26

Musik pertama dalam alkitab

0 Answer

ferdhika sandy putra 19 October 2017 - 09:04:56

Dosa gak kalo kentut di gereja?

3 Answer


evelina 19 October 2017 - 15:25:05
kiranya Tuhan Yesus berkenan membuka hati lelaki y... more..

ARI 19 October 2017 - 08:25:34
Dear Team Prayer, dukung saya dalam doa untuk sua... more..

Veronica Sitanggang 18 October 2017 - 21:15:29
Bantu dukungan doanya agar Tuhan memenangkan jiwa ... more..

Dessy Sitohang 16 October 2017 - 20:16:48
Saya mohon bantu doa nya agar saya diangkat jadi S... more..

Banner Mitra Week  3


7313

advertise with us