7 Angka Sehat Yang Perlu Anda Ketahui

7 Angka Sehat Yang Perlu Anda Ketahui

Lestari99 Official Writer
5847

Anda pasti mengetahui banyak angka – nomor telepon, tanggal ulang tahun, saldo rekening bank – namun semua angka ini tidak berarti apa-apa jika dibandingkan dengan angka yang harus Anda ketahui ini – angka sehat Anda. Angka sehat seperti apa yang harus Anda ketahui dan mengapa Anda perlu mengetahuinya? Berikut adalah 7 angka sehat yang harus Anda ketahui:

1. Berat badan. Sebuah studi UCLA yang terbaru mengungkapkan suatu hal yang mengejutkan bagaimana tingginya persentase wanita gemuk dalam kondisi berbahaya yang tidak mengetahui bahwa mereka mengalami obesitas; seringkali mereka memperkirakan berat badan mereka 20% lebih ringan dari berat yang sebenarnya! Hal itu sangat berbahaya karena jika Anda tidak tahu bahwa Anda memiliki masalah berat badan, Anda tidak bisa mengatasinya. Jika Anda belum mengetahui berat badan Anda yang sebenarnya saat ini, lakukanlah!

2. BMI (Body Mass Index). Selain mengetahui berat badan Anda secara akurat, Anda juga harus mengetahui angka yang satu ini, indeks massa tubuh Anda. Ukuran pinggang dapat membantu Anda untuk mengetahui apakah Anda perlu menurunkan berat badan: Jika Anda seorang wanita dan lingkar pinggang lebih dari 80 cm, Anda cenderung kelebihan berat badan dan berada pada resiko tinggi terhadap penyakit yang berkaitan dengan berat badan, termasuk diabetes, penyakit jantung, hipertensi dan kanker.

3. Kolesterol baik dan buruk. Berikut adalah set angka kesehatan yang harus Anda ketahui. Ya, jumlah kolesterol Anda dapat dilihat dari tiga angka, yaitu jumlah kolesterol secara keseluruhan, jumlah LDL (kolesterol jahat) dan HDL (kolesterol baik). Jika jumlah keseluruhan tinggi tapi jumlah HDL Anda juga tinggi, maka Anda mungkin sedang tidak dalam masalah. Namun jika total kolesterol Anda berada di titik rendah sementara kolesterol LDL Anda tinggi, Anda sedang berada dalam masalah yang serius. Dokter Anda akan memiliki rencana pengobatan untuk semua jenis kolesterol tinggi, termasuk perubahan pola makan dan mungkin obat.

4. Penglihatan. Di usia setengah baya, daya penglihatan Anda dapat berkurang namun biasanya hal itu terjadi secara bertahap, bahkan Anda dapat tidak menyadarinya. Itulah sebabnya, menurut Glaucoma Research Foundation, Anda harus memeriksa mata Anda setiap dua atau empat tahun sebelum Anda berusia 40, lalu setiap satu atau tiga tahun sebelum usia 54 tahun, dan lebih sering setelah melewati usia tersebut, terutama jika Anda memiliki faktor resiko terhadap penyakit mata. Perubahan dalam penglihatan dapat mengindikasikan masalah kesehatan lainnya, dan tentu saja, Anda harus memastikan agar Anda mengemudi kendaraan dengan menggunakan kacamata maupun lensa kontak yang tepat.

5. SPF. Label paket untuk tabir surya dan sunblock saling berbeda satu sama lain dan membingungkan konsumen untuk mendapatkan tabir surya yang terbaik dan paling aman untuk melindungi kulit. Namun saat ini telah ada cara mudah untuk menentukan SPF terbaik yang terkandung dalam produk tabir surya, yaitu dengan menggunakan tabir surya berspektrum luas dengan perlindungan SPF 30, dan kembali mengoleskan tabir surya setiap dua jam, bahkan di hari mendung. Ini adalah salah satu angka kesehatan yang harus Anda ketahui dengan pasti, karena kanker kulit akibat paparan sinar matahari adalah penyebab utama kematian akibat kanker pada wanita di usia 20 sampai 29 tahun.

6. Mengistirahatkan kerja jantung. Jika Anda tidak terlalu mengkuatirkan kesehatan jantung Anda, mulailah untuk memikirkannya. Karena saat ini wanita memiliki resiko yang sama atas penyakit jantung sebagaimana halnya dengan pria. Bahkan dengan resiko lebih tinggi, begitu banyak wanita yyang mengabaikan gejala penyakit jantung. Tidak banyak juga orang yang tahu bagaimana mengukur kesehatan jantung mereka, dan salah satu caranya adalah dengan menentukan tingkat istirahat jantung Anda. Menurut Mayo Clinic, tingkat istirahat denyut jantung normal bagi orang dewasa adalah antara 60 dan 100 denyut per menit; orang dewasa yang sangat fit mungkin memiliki tingkat istirahat denyut jantung sekitar 40 denyut per menit. Berapapun angka yang lebih tinggi atau lebih rendah dari kisaran ini dapat menunjukkan masalah jantung yang serius. Jadi angka ini merupakan salah satu angka kesehatan yang perlu Anda ketahui dengan pasti.

7. Jadwal Mammogram. Laporan CDC di tahun 2007 mengatakan bahwa lebih dari 200.000 wanita di Amerika Serikat didiagnosis dengan kanker payudara dan lebih dari 40.000 di antaranya meninggal karena penyakit tersebut. Angka tersebut baru merupakan catatan dalam satu tahun! Deteksi dini adalah kunci untuk bertahan hidup, dan salah satu alat paling efektif dalam mendeteksi dan mengdiagnosis secara dini adalah dengan mammogram. Jika Anda memiliki faktor resiko untuk kanker payudara, terutama jika Anda lebih dari 40 tahun, saatnya untuk menjadwalkan mammogram!

 

Baca Juga:

Sumber : allwomenstalk
Halaman :
1

Ikuti Kami