Dua Jus Tomat untuk Tulang Kuat

Solusi Sehat / 27 December 2012

Kalangan Sendiri

Dua Jus Tomat untuk Tulang Kuat

daniel.tanamal Official Writer
6239

Manfaat tomat terhadap kesehatan demikian hebat. Selain dapat mencegah depresi, stroke, menurunkan resiko serangan jantung, tomat juga terbukti dapat membuat tulang menjadi kuat. Menurut peneliti, dengan mengonsumsi dua gelas jus tomat setiap hari, kepadatan tulang dapat terjaga.

Kegunaan tomat terhadap tulang yang kuat ini direkomendasikan oleh peneliti dari University of Toronto, Kanada yang meneliti60 wanita pascamenopause berusia 50-60 tahun. Dalam studi itu, mereka diminta untuk berhenti mengonsumsi makanan yang mengandung tomat selama satu bulan. Akibatnya, terjadi peningkatan kadar N-telopeptida dalam darah. N-telopeptida adalah kimia alami yang biasanya masuk ke dalam darah ketika kerapuhan tulang terjadi.

Pada penelitian ini peserta dibagi menjadi tiga kelompok dengan perlakuan berbeda selama empat bulan berikutnya. Kelompok pertama diminta untuk mengonsumsi jus tomat setiap hari dengan kandungan lycopene rata-rata 15 mg. Kelompok kedua menerima suplementasi dengan asupan likopen sebanyak 35 mg.

Kelompok terakhir mengonsumsi plasebo atau suplemen palsu. Hasilnya, terjadi penurunan yang cukup signifikan untuk kadar N-telopeptide dalam darah pada kelompok yang mengonsumsi jus tomat dan suplemen likopen. Sementara wanita dalam kelompok yang mendapat plasebo tidak mengalami perubahan kondisi.

Jurnal Osteoporosis International juga menyatakan bahwa dua gelas jus tomat dengan kandungan likopen 15 mg cukup untuk mempertahankan kekuatan tulang. Kandungan likopen dalam tomat bahkan berguna sebagai antioksidan, mengurangi risiko serangan jantung, dan kanker prostat.

 

 


Sumber : fitzania - metrotv.news
Halaman :
1

Ikuti Kami