The Hobbit, Perjalanan Yang Terasa Lambat

Film Review / 27 December 2012

Kalangan Sendiri

The Hobbit, Perjalanan Yang Terasa Lambat

Puji Astuti Official Writer
3435

Pada awal tahun 2000-an, sutradara Peter Jackson mengangkat epik cerita karya JRR Tolkien, The Lord of the Rings di layar lebar. Ini adalah kerja keras, membuat film berdasarkan tiga jilid buku. New Line Cinema mempertaruhkan masa depannya pada kisah Tolkien, mengubahnya menjadi film trilogi. Hasilnya? Ratusan juta dolar dalam berhasil diraup karena film tersebut menduduki box office, bahkan lebih dari itu, kerja keras mereka terbayar dengan memenangkan Oscar untuk film penutup, The Return of the King.

Ketika New Line dan Jackson memutuskan untuk bergabung lagi untuk mengadaptasi Tolkien prekuel, The Hobbit, pasti ada godaan besar untuk memperluas apa yang satu volume dan cerita yang relatif ramping menjadi beberapa sekuel. Namun, faktanya tidak bisa diubah, The Hobbit, seperti The Lord of the Rings, adalah cerita untuk anak-anak, walau disajikan dengan cara yang berbeda.

Enam puluh tahun sebelum peristiwa The Lord of the Rings, Bilbo hidup damai dengan bukunya di lubang hobbit - hingga Gandalf (Ian McKellen) berkunjung untuk merekrut dia melakukan sebuah perjalanan. Dia kemudian bergabung dengan sekelompok kurcaci pada sebuah misi untuk merebut kembali tanah air mereka dari Erebor, dimana para kurcaci telah dikejar oleh Smaug naga. Meskipun pada awalnya enggan untuk menjadi bagian dari pencarian, Bilbo akhirnya memutuskan untuk membantu.

Kurang senang dengan kehadiran Bilbo dalam jajaran kelompoknya, pemimpin orang kerdil Thorin Oakenshield (Richard Armitage), menganggap hobbit lebih  kepada penghalang bagi misi daripada aset. Tapi Gandalf, yang telah mendorong keterlibatan Bilbo, memegang keyakinan sebaliknya.

Film ini mengambil satu jam penuh untuk mengatur perjalanan, bisa dikatakan sangat lama untuk sebuah film epic. Film ini bisa dikatakan buruk karena kurangnya momentum.

Sayangnya, Jackson dan rekan-penulis skenario (Fran Walsh, Phillipa Boyens, dan del Toro) menambahkan begitu banyak gaya Lord of The Rings ke dalamnya - gaya kekerasan - kisah The Hobbit ini mendapatkan ranking PG-13, peringkat yang membuat film ini tidak baik ditonton oleh anak-anak kecil. Pada satu titik, Gandalf menimbulkan kekhawatiran sendiri tentang karakter cerita ini dengan menyatakan, "Selamatkan aku dari sikap keras kepala para kurcaci. Kesombonganmu akan menjadi awal kejatuhanmu.." Pernyataan ini bisa berlaku bagi siapa saja, dimana setiap orang harus menjaga hatinya untuk tetap rendah hati dan tidak memandang rendah orang lain.

Tolkien yang merupakan seorang penganut Katolik tentu memiliki misi sendiri saat menulis kisah ini. Walau film ini tidak bisa dikatakan film Kristen seperti kisah fantasi Narnia karya C.S Lewis, namun dengan banyak saringan, film ini memiliki pesan-pesan yang positif.

Rilis Tanggal: 14 Desember 2012

Rating: PG-13 (ada tindakan kekerasan intens dan gambar menakutkan)

Genre: Petualangan

Jalankan Waktu: 169 min.

Sutradara : Peter Jackson

Aktor : Martin Freeman, Ian McKellen, Cate Blanchett, Richard Armitage, Elijah Wood, Hugo Weaving, Andy Serkis, Christopher Lee

 <iframe width="560" height="315" src="http://www.youtube.com/embed/G0k3kHtyoqc" frameborder="0" allowfullscreen></iframe>

Sumber : Crosswalk.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami