82 Ribu Personil Terjun Amankan Natal Dan Tahun Baru Di Papua

82 Ribu Personil Terjun Amankan Natal Dan Tahun Baru Di Papua

Lestari99 Official Writer
2111

Operasi Lilin demi pengamanan Natal dan Tahun Baru 2013 di Papua melibatkan seluruh kesatuan pengamanan Polri dan dari tiga kesatuan lainnya yakni TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) serta Dinas Perhubungan (Dishub) serta Jasa Raharja. Sebanyak 82.723 personil diterjunkan dalam pengamanan tersebut, yang terdiri dari Polri 3.793 personil, TNI 15.024 personil serta instansi terkait dan komponen masyarakat lainnya.

Kabid Humas Polda Papua, AKBP I Gede Sumerta Jaya mengatakan Operasi Lilin di wilayah tersebut telah dimulai sejak Minggu (23/12) hingga 1 Januari 2013 mendatang.

“Untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru ada Operasi Lilin, dan telah dimulai sejak kemarin hingga 1 Januari 2013,” ungkap Sumerta Jaya, Senin (23/12).

Mantan Kapolrer Jayawijaya ini juga mengatakan pihaknya akan melakukan sweeping terhadap peredaran Minuman Keras dan Petasan karena kedua hal ini sering menjadi penyebab terjadinya ketidaknyamanan bagi masyarakat.

“Pesan dari bapak Kapolda Papua agar seluruh warga di Papua saling menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing. Sebab masalah ketertiban dan keamanan bukan semata-mata menjadi tangung jawab aparat keamanan saha akan tetapi adalah tanggung jawab bagi seluruh warga,” ungkapnya.

Penembakan terhadap aparat kepolisian dan warga sipil yang terjadi di Papua beberapa waktu lalu sempat membuat situasi keamanan Papua menjadi tegang. Mari doakan agar perayaan Natal di tahun ini dapat berlangusng dengan aman, tenang dengan suasana yang kondusif bagi semua pihak di Papua. Damai Indonesiaku.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Sumber : Kompas - LEP
Halaman :
1

Ikuti Kami